Ekonomi dan Bisnis

Peran Asippindo Dorong Manajemen Berkelanjutan untuk UMKM

Jakarta – Asosiasi Perusahaan Penjaminan Indonesia, (Asippindo), terus mendukung promosi manajemen keberlanjutan untuk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) sebagai respons terhadap kebijakan pemerintah yang mengintegrasikan konsep lingkungan, sosial, dan tata kelola (ESG). Dalam upaya ini, Asippindo juga menciptakan inisiatif penjaminan hijau atau “green guarantee”.

Ivan Soeparno, Ketua Asippindo, menyoroti pentingnya menerapkan manajemen berkelanjutan pada UMKM dengan mengadaptasi model bisnis yang mempertimbangkan dampak lingkungan dan sosial, sambil mematuhi prinsip tata kelola yang baik.

Baca juga: OJK Terbitkan Aturan Pemisahan UUS Perusahaan Penjaminan   

”Asippindo terus berusaha mendorong dan mengembangkan peran perusahaan penjaminan sebagai salah satu alternatif menumbuhkan perekonomian melalui usaha mikro, kecil, dan menengah,” ujar Ivan saat menjadi pembicara dalam Indonesia – Korea Financial Cooperation Forum ke-2 yang digelar Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bersama dengan Council on International Financial Cooperation (CICF) dikutip 5 September 2023.

Ivan mengungkapkan, sektor UMKM juga menjadi penyumbang sekitar 97% dari angkatan kerja nasional, atau sekitar 119,5 juta tenaga kerja, dengan kontribusi terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) mencapai sekitar 61%. Namun, meskipun kontribusinya yang besar, UMKM dihadapkan pada akses terbatas terhadap sumber pendanaan. Saat ini, hanya sekitar 30% UMKM yang dapat mengakses pinjaman dari lembaga perbankan.

Karena itu, perusahaan penjaminan memiliki peran strategis dalam mendukung pertumbuhan ekonomi sektor riil di Indonesia sebagai jembatan bagi UMKM untuk mendapatkan pendanaan. ”Perusahaan penjaminan berperan menjembatani UMKM dengan lembaga keuangan melalui penjaminan kredit sehingga UMKM bisa mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan,” ungkapnya.

Ivan juga menggarisbawahi bahwa Asippindo sepenuhnya mendukung konsep ESG yang diperkenalkan oleh pemerintah dan terus mendorong anggotanya untuk mengadopsi prinsip ESG dalam model bisnis mereka.

Baca juga: OJK Ungkap Tantangan UMKM, Akses Finansial hingga Kurang Inovasi

Salah satu inisiatif strategis ESG dalam industri penjaminan adalah konsep penjaminan hijau (green guarantee), yang memberikan jaminan bagi model pembiayaan berkelanjutan. Dalam hal proses bisnis internal, perusahaan penjaminan secara berkelanjutan mendorong perubahan menuju transformasi digital untuk meningkatkan efisiensi transaksi dan proses bisnis, dengan mengurangi penggunaan kertas dan fokus pada keberlanjutan lingkungan.

“Selain itu, hubungan dagang antara Indonesia dan Korea Selatan juga memainkan peran kunci dalam menggerakkan aktivitas ekonomi UMKM, terutama dalam sektor produksi dan distribusi. Nilai perdagangan antara kedua negara ini memiliki dampak yang signifikan di Asia, dan perusahaan penjaminan menjadi mitra penting bagi UMKM dalam mengakses modal dari bank,” ungkapnya. (*) Dicky F. Maulana

Rezkiana Nisaputra

Recent Posts

Jumlah SID Naik, BEI Gaspol Tingkatkan Keaktifan Investor di Pasar Modal

Balikpapan – PT Bursa Efek Indonesia (BEI) mencatat, jumlah single investor identification (SID) menembus 14 juta per… Read More

4 hours ago

Generali Indonesia Beri Perlindungan Asuransi bagi 6.000 Pelari di PLN Electric Run 2024

Jakarta – PT Asuransi Jiwa Generali Indonesia (Generali Indonesia) terus mendukung berbagai kegiatan yang mempromosikan kesehatan… Read More

4 hours ago

Diikuti 6.470 Pelari, PLN Electric Run 2024 Ditarget Hindari Emisi Karbon hingga 14 ton CO2

Jakarta - Sebanyak 6.470 racepack telah diambil pelari yang berpartisipasi dalam PLN Electric Run 2024… Read More

11 hours ago

Segini Target OJK Buka Akses Produk dan Layanan Jasa Keuangan di BIK 2024

Jakarta – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) membidik pencapaian Bulan Inklusi Keuangan (BIK) 2024 sekitar 8,7… Read More

12 hours ago

HUT ke-26, Bank Mandiri Hadirkan Inovasi Digital Adaptif dan Solutif untuk Siap Jadi Jawara Masa Depan

Jakarta - Merayakan usia ke-26, Bank Mandiri meluncurkan berbagai fitur dan layanan digital terbaru untuk… Read More

1 day ago

KemenKopUKM Gandeng Surveyor Indonesia Verifikasi Status Usaha Simpan Pinjam Koperasi

Jakarta - Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) menunjuk PT Surveyor Indonesia, anggota Holding BUMN IDSurvey,… Read More

1 day ago