Keuangan

Peran Agen Tingkatkan Literasi Asuransi di Indonesia

Jakarta –  Pemahaman masyarakat terhadap asuransi masih relatif rendah sehingga kerap menimbulkan kesalahpahaman terhadap produk asuransi. Untuk itu, memberikan edukasi harus terus digencarkan pelaku asuransi di Tanah Air.

Direktur Allianz Life Indonesia Bianto Surodjo mengungkapkan, pihaknya senantiasa mendukung upaya pemerintah dalam meningkatkan tingkat kesadaran dan penetrasi asuransi di Indonesia.

“Sebenarnya kami dari pelaku bisnis asuransi, termasuk bekerja sama dengan AAJI dan OJK secara berkala melakukan edukasi kepada masyarakat,” katanya, dalam Business Talk yang digelar Infobanknews secara daring di Jakarta, Selasa, 16 Mei 2023

Hal itu, kata dia, sebagai wujud komitmen perusahaan asuransi yang ada di dalam bisnis rencana tahunan tentang program edukasi literasi kepada pelanggan.

“Namun kita akui bahwa Indonesia itu negara yang besar. Asuransi meski sudah cukup lama di Indonesia dan marak 7-10 tahun belakang ini,” jelasnya.

Pada prinsipnya, lanjut dia, untuk bisa meningkatkan literasi kepada masyarakat perusahan asuransi harus bisa menjawab masalah kebutuhan dan menjawab kebutuuhan itu sendiri baik untuk unit link dan tradisional.

“Literasi keduanya harus ada supaya mereka bisa memilih. Artinya di sini peran agen sangat penting bagi suksesnya edukasi dan literasi asuransi,” katanya.

Dia pun mengakui bahwa para agen saat ini tidak sekadar menjual produk asuransi. Mereka juga berperan penting dalam memberikan nasehat dan pandangan kepada calon tertanggung atau konsumen agar mendapatkan pemahaman dalam merencanakan keuangan dan juga kesehatan mereka di masa depan.

Selain itu, tenaga pemasar asuransi jiwa dinilai juga mengambil bagian dalam peningkatan inklusi dan literasi jasa keuangan nasional. (*)

Editor: Rezkiana Nisaputra

Muhamad Ibrahim

Recent Posts

Ini yang Dilakukan OJK-Kominfo dalam Persempit Ruang Gerak Judi Online

Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menyatakan tengah berupaya… Read More

2 hours ago

OJK Ungkap Alasan Pertumbuhan DPK Lebih Rendah Dibanding Kredit

Jakarta – Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK, Dian Ediana Rae mengungkapkan penyebab pertumbuhan Dana Pihak Ketiga (DPK)… Read More

3 hours ago

IHSG Ditutup Melesat 1,52 Persen, Nilai Transaksi Tembus Rp41,67 Triliun

Jakarta - Indeks harga saham gabungan (IHSG) pada hari ini (1/10) berhasil ditutup naik ke… Read More

3 hours ago

Masih Ada 9 Perusahaan Asuransi Belum Miliki Aktuaris

Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengungkapkan masih terdapat 9 perusahaan asuransi yang belum memenuhi… Read More

4 hours ago

RI Alami Deflasi 5 Bulan Beruntun, BPS Ungkap Biang Keroknya

Jakarta – Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan indeks harga konsumen (IHK) mengalami deflasi sebesar 0,12 persen… Read More

4 hours ago

Anak Usaha Delta Dunia Makmur (DOID) Berhasil Raih Dana Rp1 Triliun dari Penerbitan Obligasi

Jakarta - Anak usaha PT Delta Dunia Makmur Tbk (DOID), yakni PT Bukit Makmur Mandiri… Read More

4 hours ago