Categories: Perbankan

Penyaluran Kredit Membaik, BI Pede Tahun Ini Bisa Capai 6% – 8%

Jakarta – Bank Indonesia (BI) terus memantau perbaikan pada penyaluran kredit dalam negeri. Gubernur BI, Perry Warjiyo mengungkapkan pertumbuhan kredit di triwulan I 2022 sudah mulai terlihat, baik dari sisi penawaran maupun permintaan. Ia pun memperkirakan pertumbuhan kredit tahun ini bisa mencapai 6% – 8%.

“Dengan perbaikan dari sisi penawaran dan permintaan, kami perkirakan pertumbuhan kredit yang pada bulan Maret mencapai 6,65% terus akan mengalami peningkatan. Secara keseluruhan kami perkirakan pertumbuhan kredit akan mencapai 6%-8% untuk 2022,” jelas Perry, Selasa, 19 April 2022.

Ia menambahkan, pola pertumbuhan kredit yang ada tentu akan mengikuti pertumbuhan ekonomi. Hal ini juga sejalan dengan peningkatan mobilitas masyarakat yang semakin membaik dan makin meratanya vaksinasi di masyarakat, sehingga kegiatan ekonomi bisa kembali pulih.

Optimisme ini juga didasari oleh berbagai survei yang dilakukan oleh BI. Dari data 499 perusahaan yang ada, Destry Damayanti, Deputi Gubernur Senior BI melihat bahwa sudah terjadi peningkatan sales dan capex atau belanja modal.

“Dengan peningkatan sales, kredit modal kerja juga tumbuh positif. Ini menjawab dengan sales yang naik, akan dibutuhkan operasional yang lebih tinggi dan kredit modal kerja. Kredit investasi juga meningkat dengan capex yang meningkat,” jelas Destry.

Lebih jauh, BI juga menyoroti sektor-sektor ekonomi yang mendorong perbaikan kredit ini. Perry mengungkapkan sektor yang memiliki orientasi ekspor terus mengalami perbaikan dari sisi usaha maupun penyaluran kredit. Lalu, ada sektor yang mengalami peningkatan sejalan dengan perbaikan mobilitas.

“Tentu saja sektor yang berkaitan dengan makanan dan minuman, serta perdagangan baik eceran maupun besar dan sektor transportasi, logistik yang mengalami perbaikan,” tutup Perry. (*)

 

Editor: Rezkiana Nisaputra

Evan Yulian

Recent Posts

UU PDP Berlaku, Pentingnya Edukasi Pidana dan Gugatan Pelindungan Data Pribadi

Jakarta – Undang-undang (UU) Nomor 27 Tahun 2022 tentang Pelindungan Data Pribadi (PDP) resmi berlaku… Read More

29 mins ago

Perkuat Kemandirian Ekonomi Masyarakat Bali, BSI Resmikan Sentra UMKM Bedugul

Direktur Compliance and Human Capital PT Bank Syariah Indonesia tbk (BSI) Tribuana Tunggadewi memberikan sambutan… Read More

2 hours ago

OJK Restui Rencana Spin Off Unit Usaha Syariah Asuransi BRI Life

Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyetujui rencana pemisahan atau spin off Unit Syariah Asuransi… Read More

2 hours ago

Malam Ini Tarif Tol Jakarta-Tangerang Naik, Cek Rinciannya di Sini!

Jakarta – Mulai Sabtu, 19 Oktober 2024, pukul 00.00 WIB, tarif Tol Jakarta-Tangerang yang dikelola… Read More

2 hours ago

Sri Mulyani Bawa Kabar Buruk: Ketidakpastian Global Kembali Meningkat

Jakarta – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan memasuki akhir 2024 risiko ketidakpastian pasar keuangan global kembali… Read More

3 hours ago

Berikan Fleksibelitas Pembiayaan, Proyek Joint Venture Astra Land Indonesia dan Sinar Mas Land Gandeng 10 Bank Besar

Jakarta - PT Ruby Karya Sejahtera, perusahaan joint venture antara Astra Land Indonesia (ALI) dan… Read More

3 hours ago