Moneter dan Fiskal

Penurunan Bunga The Fed Hingga Harga Minyak Beri Sentimen Positif Rupiah

Jakarta – Pergerakan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) pada hari ini (4/7) menunjukkan penguatannya setelah sempat melemah pada dua hari lalu.

Direktur Utama PT Garuda Berjangka Ibrahim Assuaibi ketika dihubungi oleh infobanknews, di Jakarta mengatakan, faktor global serta domestik masih mempengaruhi pergerakan Rupiah pada hari ini. Pada faktor global, Ibrahim menilai adanya genderang perang tarif dagang antara AS dan Uni Eropa serta sentimen penurunan suku bunga bank sentral AS (The Fed) mempengaruhi pergerakan Rupiah.

“Bank sentral AS kemungkinan akan melakukan meeting dan ada kemungkinan besar bank sentral akan menurunkan bunga,” kata Ibrahim di Jakarta, Kamis 4 Juli 2019.

Faktor kedua dari global dirinya menyebut, penambahan tarif dari AS kepada produk Uni Eropa sebesar US$4 miliar membuat pasar gerah. Di mana saat perang dagang antara AS dan China belum usai, Presiden Donald Trump malah menabuh perang dagang dengan Uni Eropa.

“Bahwa Amerika sudah melakukan perlawanan perang dagang dengan Uni Eropa yang mengenakan tarif US$4 miliar ke Uni Eropa di barang konsumsi seperti , minyak zaitun minuman alkohol artinya ini lebih berkecambuk,” ucap Ibrahim.

Sementara faktor dalam negeri Ibrahim menyebut, menurunnya harga minyak diprediksi akan memperbaiki neraca perdagangan Nasional pada bulan Juli ini. Terlebih, angka impor migas nasional saat ini masih tinggi.

“Kita tau impor terbesar adalah migas. Pada saat minyak turun cukup tajam dari US$59 perbarel menjadi US$56 perbarel ini cukup luar biasa sehingga neraca perdagangan kemungkinan defisit sangat kecil,” tambahnya.

Sebelumnya pada perdagangan Kamis pagi (4/7) kurs Rupiah dibuka menguat 0,11% di level Rp14.115 dibandingkan penutupan semalam Rp14.120 per dolar AS.

Sementara berdasarkan kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) hari ini, (4/7) menempatkan Rupiah pada level Rp14.106 per dolar AS, atau tercatat menguat 54 poin atau 0,38 persen dari posisi kemarin (3/7) yang berada pada level Rp14.160. (*)

 

Editor: Rezkiana Np

Suheriadi

Recent Posts

Menilik Tantangan-Peluang Perajin Batik di Era Industri yang Menggeliat

Jakarta – Industri batik di Tanah Air menggeliat di tengah tantangan besar dari sisi produktivitas dan… Read More

2 hours ago

Inflasi Medis Melangit, Bundamedik Tempuh Langkah Ini

Jakarta - Inflasi kesehatan atau inflasi medis kini tengah menjadi sorotan sejumlah pihak. Meningkatnya biaya… Read More

3 hours ago

Prudential Indonesia-UNICEF Kolaborasi Dorong Partisipasi PAUD di NTT

Jakarta - PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) bersama Prudence Foundation berkolaborasi dengan UNICEF Indonesia… Read More

3 hours ago

Nasib Keberlanjutan Program Kartu Prakerja Ada di Tangan Prabowo

Jakarta – Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian mendorong keberlanjutan program Kartu Prakerja di masa kepemimpinan Presiden terpilih Prabowo… Read More

4 hours ago

Merangkap Jadi Menaker, Airlangga Siapkan Rencana Kenaikan UMP Tahun Depan

Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengemban tugas baru sebagai Ad Interim (tugas sementara) Menteri… Read More

4 hours ago

Pahami 4 Hal Ini Agar Terhindar dari Investasi Ilegal

Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat kerugian masyarakat akibat investasi ilegal atau bodong di… Read More

4 hours ago