Penurunan Bunga BI Bakal Jadi Vitamin Pertumbuhan Ekonomi RI

Jakarta – Stimulus penurunan bunga acuan Bank Indonesia (BI) 7-Day Reverse Repo Rate (BI7DRR) yang kini menjadi 5,00% pada bulan Oktober lalu, dipercaya menjadi vitamin pertumbuhan ekonomi pada kuartal III-2019 yang masih terjaga pada 5,02%.

Demikian hal tersebut seperti disampaikan oleh Direktur PT Garuda Berjangka Ibrahim Assuaibi ketika dihubungi oleh Infobank. Dirinya menilai, pelaku pasar mengapresiasi langkah BI untuk dapat melonggarkan kebijakan moneter.

“Dengan penurunan suku bunga BI tentunya mengimbangi dampak dari krisis global. Dan itu membuahkan hasil yang maksimal dimana PDB terus tumbuh dan sesuai dengan harapan pasar,” jelas Ibrahim di Jakarta, Selasa 5 November 2019.

Tak hanya itu, untuk menjaga stabilitas ekonomi dan nilai tukar, BI dinilai terus melakukan intervensi baik secara langsung di pasar valas dan obligasi dalam perdagangan DNDF yang di perdagangkan setiap hari dari pagi sampai sore, baik secara langsung maupun tidak langsung.

Dirinya berharap, intervensi yang telah dilakukan BI dapat terus mengantisipasi ketidakpastian ekonomi global dan geopolitik dunia. Sebelumnya, Badan Pusat Statistik (BPS) telah merilis angka pertumbuhan ekonomi Indonesia pada triwulan III-2019 mencapai angka 5,02% secara tahunan.

Sebagai informasi, pada Rapat Dewan Gubernur (RDG BI) tanggal 23-24 Oktober yang lalu, BI kembali menurunkan BI7-DRR sebesar 25 basis points (pbs) menjadi 5% sehingga sejak sepanjang 2019, BI telah menurunkan suku bunga acuan sebanyak 4 kali berturut (100 bps) dari tahun lalu yang mencapai 6%. (*)

Editor: Rezkiana Np

Suheriadi

Recent Posts

Dipanggil Prabowo, Sri Mulyani Diminta Kembali jadi Menteri Keuangan

Jakarta – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati akhirnya menyambangi kediaman presiden terpilih Prabowo Subianto, di Jalan Kertanegara,… Read More

5 mins ago

OJK Tekankan Pentingnya Stabilitas Sistem Keuangan yang Kuat dan Inklusif

Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menekankan bahwa sektor jasa keuangan sebagai bagian dari sistem… Read More

36 mins ago

OJK Beberkan 4 Pilar Penting dalam Roadmap Penguatan BPD 2024-2027

Jakarta - Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK Dian Ediana Rae menyampaikan apresiasi kepada Bank Pembangunan Daerah (BPD) yang… Read More

2 hours ago

Gara-gara Ini, Boeing Bakal PHK 17.000 Karyawan Global

Jakarta – Produsen pesawat asal Amerika Serikat (AS), Boeing berencana melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK)… Read More

2 hours ago

Outstanding SRBI per Oktober 2024 Tembus Rp982,2 Triliun

Jakarta - Bank Indonesia (BI) menyampaikan outstanding dari Sekuritas Bank Indonesia (SRBI) per 4 Oktober… Read More

3 hours ago

Indonesia’s Foreign Debt Increase to Rp6,624 Trillion as of August 2024

Jakarta - Bank Indonesia (BI) noted that Indonesia's external debt (ULN) has increased. Indonesia's external… Read More

3 hours ago