Keuangan

Penuhi Aturan OJK, AXA Mandiri Pastikan Spin Off UUS di 2026

Jakarta – PT AXA Mandiri Financial Services (AXA Mandiri) menyatakan telah mempersiapkan persyaratan untuk melakukan pemisahan atau spin off unit usaha syariah (UUS) pada 2026.

Direktur AXA Mandiri, Uke Giri Utama, mengatakan bahwa AXA Mandiri telah menyerahkan rencana kerja pemisahan unit syariah (RKUPS) kepada Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada akhir tahun lalu.

“Setelah kita bicara spin off fondasi kita lebih kuat, tentunya kalau kita bicara last year kita submit kepada OJK kita mengikuti sesuai dengan guideline OJK, timeline-nya mengikuti sesuai dengan OJK, which is maksimum kalau kita bicara OJK itu kan 2026 maksimumnya (spin off),” ucap Uke dalam Konferensi Pers dikutip, 20 Maret 2024.

Baca juga: OJK Kasih Bocoran 2 Perusahaan Asuransi dalam Proses Spin Off Unit Syariah

Di samping itu, dalam proses mempersiapkan spin off di tahun 2026, AXA Mandiri telah melakukan pembentukan wadah atau perusahaannya, mencari sumber daya manusia (SDM) yang mumpuni, serta mendapatkan lisensi dari OJK.

“Karena bagaimanapun pada saat nanti kita men-spin off gitu ya kita harus make sure bahwa perusahaan yang kita dirikan ini sehat, memberikan kontribusi dan manfaat kepada nasabah dan juga tentunya kepada stakeholder,” imbuhnya.

Baca juga: AXA Mandiri Luncurkan Asuransi Perlindungan Amanah Syariah, Ini Manfaatnya

Sebelumnya, OJK telah menginformasikan bahwa, per Maret 2024 telah terdapat dua perusahaan asuransi yang sedang dalam proses spin off dengan cara mengalihkan seluruh portofolio unit syariahnya kepada perusahaan asuransi syariah.

OJK pun sedang melakukan analisis dan diskusi dengan perusahaan asuransi dan reasuransi yang memiliki unit syariah tersebut terkait isi perubahan Rencana Kerja Pemisahan Unit Syariah (RKPUS). (*)

Editor: Galih Pratama

Khoirifa Argisa Putri

Recent Posts

HUT ke-26, Bank Mandiri Hadirkan Inovasi Digital Adaptif dan Solutif untuk Siap Jadi Jawara Masa Depan

Jakarta - Merayakan usia ke-26, Bank Mandiri meluncurkan berbagai fitur dan layanan digital terbaru untuk… Read More

4 hours ago

KemenKopUKM Gandeng Surveyor Indonesia Verifikasi Status Usaha Simpan Pinjam Koperasi

Jakarta - Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) menunjuk PT Surveyor Indonesia, anggota Holding BUMN IDSurvey,… Read More

4 hours ago

Bijak Manfaatkan Produk Keuangan, Ini Pesan OJK kepada Gen Z

Balikpapan - Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Jasa Keuangan, Edukasi dan Pelindungan Konsumen OJK Friderica… Read More

5 hours ago

Jurus OJK Perluas Akses Keuangan yang Bertanggung Jawab dan Produktif di Balikpapan

Balikpapan – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) semakin memperluas akses keuangan masyarakat terhadap sektor jasa keuangan yang… Read More

5 hours ago

Rayakan HUT ke-26, Bank Mandiri Luncurkan 5 Fitur dan Layanan Digital Terbaru

Komisaris Bank Mandiri Chatib Basri dan Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi saat meresmikan peluncuran… Read More

6 hours ago

BEI Catat 5 Saham Berikut Jadi Pemberat IHSG Pekan Ini

Jakarta - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) selama sepekan mengalami penurunan sebesar sebesar 2,61 persen… Read More

7 hours ago