Moneter dan Fiskal

Penuh Ketidakpastian Global, Jokowi Akui Seluruh Kepala Negara G20 Pusing

Jakarta – Dengan situasi global yang saat ini penuh dengan ketidakpastian, Presiden Joko Widodo menyimpulkan para pemimpin negara G20 pusing, saat pertemuan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 yang berlangsung belum lama ini.

“Dari pertemuan di G20 kemarin, bertemu dengan seluruh kepala negara, negara-negara dengan GDP terbesar di dunia, saya menyimpulkan semuanya pusing, benar, kerutan wajahnya tambah semua, rambutnya disini tambah putih semuanya,” ucap Jokowi dalam Pertemuan Tahunan Bank Indonesia (BI) di Jakarta, 30 November 2022.

Lebih lanjut, Jokowi menjelaskan bahwa situasi global saat ini telah terkonfirmasi masih tidak pasti, rumit, sulit dihitung, dan sulit diprediksi. “Ngga ada yang bisa menghitung, memprediksi akan berada di angka berapa, ngga jelas. Sehingga, tadi semuanya pusing,” imbuhnya.

Kemudian, sebagai contoh pada harga minyak dunia saat ini tidak ada yang bisa menentukan harga minyak dunia akan berada di angka berapa. Bahkan, produsen-produsen minyak berskala besar sekalipun.

“Oleh sebab itu, di 2023 kita harus hati-hati dan waspada. Saya setuju bahwa kita harus optimis tapi tetap hati-hati dan waspada,” ujar Jokowi.

Adapun, Jokowi menghimbau beberapa hal yang harus diwaspadai, diantaranya adalah ekspor Indonesia yang melonjak sangat tinggi di 2021 dan 2022, namun di tahun depan diprediksikan dapat menurun karena disebabkan oleh masalah yang terjadi di Tiongkok, Uni Eropa, juga Amerika Serikat. (*)

Editor: Rezkiana Nisaputra

Khoirifa Argisa Putri

Recent Posts

Ini Dia Komitmen OJK untuk Stabilitas Sektor Jasa Keuangan

Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terus berkomitmen untuk menjaga stabilitas sektor jasa keuangan dan… Read More

9 mins ago

Sri Mulyani Perpanjang Insentif PPN 100 Persen untuk Sektor Perumahan

Jakarta – Menteri Keuangan Sri Mulyani menegaskan akan melanjutkan insentif pajak pertambahan nilai (PPN) 100 persen untuk sektor… Read More

26 mins ago

Hari Asuransi

Ketua Panitia Hari Asuransi 2024, Ronny Iskandar, menyampaikan “Tema dan tagline inidiangkat untuk menekankan pentingnya… Read More

30 mins ago

Sektor Jasa Keuangan Terjaga Stabil di Tengah Pelonggaran Kebijakan Moneter, Ini Faktor Pendukungnya

Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyebut stabilitas sektor jasa keuangan nasional saat ini masih… Read More

51 mins ago

BI Buka Peluang Pangkas Suku Bunga Acuan di Penghujung 2024

Jakarta – Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengungkapkan ruang penurunan suku bunga acuan atau BI Rate… Read More

1 hour ago

Sri Mulyani Klaim Rupiah Menguat di Kuartal III 2024, Ungguli Korsel

Jakarta - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyatakan nilai tukar rupiah pada kuartal III… Read More

1 hour ago