Pentingnya Kesiapan Infrastruktur Teknologi dalam Menyambut BI Fast

Pentingnya Kesiapan Infrastruktur Teknologi dalam Menyambut BI Fast

Pentingnya Kesiapan Infrastruktur Teknologi dalam Menyambut BI Fast
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Jakarta – Perbankan dinilai perlu mempersiapkan infrastruktur sehingga implementasi BI Fast Payment atau BI FAST dari Bank Indonesia pada bulan Desember 2021 mendatang dapat berjalan lancar.

Hal ini disampaikan oleh Regina Anastasia, Head of Solution PT Anabatic Technologies Tbk (Anabatic) dalam Webinar “Membangun Ekosistem Sistem Pembayaran Digital Menyongsong BI FAST” yang diselenggarakan Infobank dan Anabatic, Selasa 3 Agustus 2021.

Regina memaparkan, dari sisi teknologi, bank perlu mempersiapkan terkait dengan pertama, compliance. Karena, ISO 20022 yang akan dipakai oleh BI FAST mempunyai standar messaging sendiri untuk melakukan pemrosesan terhadap transaksi pembayaran. Kedua, terkait security pada saat transaksi di proses. Ketiga, agility.

“Bagaimana bank atau entitas yang melakukan transformasi, maka sangat dibutuhkan agility atau kecepatan dalam mempersiapkan. Jangan sampai telat dari sisi bisnis karena teknologinya belom ready. Sebuah sistem yang agile dibutuhkan agar bisa menang dalam pertarungan atau kompetisi yang ada di market,” ujar Regina, Selasa, 3 Agustus 2021.

Ia menambahkan, oleh karena BI FAST harus di proses secara online, maka dari sisi sistem harus siap selama 24/7. “Ini butuh dukungan sistem memadai sehingga bisa perform online transaksi dengan agile dan cepat,” tambahnya. (Ayu Utami)

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita Pilihan

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]