Categories: Sharia Insight

Pengurus MES UEA Resmi Dilantik

Jakarta – Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) terus melebarkan jaringan kepengurusan MES di luar negeri. Terbaru, Pengurus Wilayah Khusus (PWK) Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Uni Emirat Arab (UEA) resmi dilantik pada Jumat, 13 Mei 2022.

Sekretaris Jenderal PP MES, Iggi H. Achsien menjelaskan bahwa kehadiran MES UEA akan semakin membuka kesempatan dalam mengembangkan ekonomi dan keuangan syariah di tingkat global, utamanya terkait kerja sama investasi dan perdagangan produk halal nasional.

“Kehadiran kepengurusan MES UEA diharapkan dapat membuka akses dan kesempatan baru untuk mempromosikan produk halal dalam negeri di tingkat internasional, khususnya negara-negara di timur tengah utamanya UAE,” jelas Iggi saat pelantikan Pengurus Wilayah Khusus MES UEA.

Ia menjelaskan kehadiran MES di UAE selaras dengan arahan ketua umum dan keseriusan pemerintah dalam melakukan ekspansi keuangan syariah nasional ke kancah global melalui pembukaan kantor cabang representatif BSI di Dubai International Financial Center. Terlebih, saat ini UEA sudah menyatakan bersiap untuk menjadi pusat ekonomi dan keuangan syariah global.

“Langkah ini selaras dengan salah satu program utama arahan ketua umum, yaitu bagaimana MES dapat berperan aktif dalam mendorong penguatan industri halal dan keuangan syariah dalam negeri ke kancah global. BSI juga telah membuka kantor cabang representatif di Dubai, saya berharap ada sinergi yang nyata dan berkelanjutan,” imbuhnya.

Anggota Tim Ahli Wakil Presiden RI ini juga menegaskan bahwa MES UEA akan berperan penting dalam menguatkan hubungan strategis antara Indonesia dan UEA khususnya percepatan penetrasi pasar produk halal di negara-negara kawasan Timur Tengah, Afrika, dan Eropa. Hal ini didasarkan pada posisi strategis UEA yang menjadi salah satu negara tujuan pasar ekspor nontradisional Indonesia dan menjadi hub perdagangan internasional di kawasan Timur Tengah.

Iggi berharap MES UEA dapat berperan menjadi penghubung dan fasilitator antara Indonesia dan pasar global khususnya di Dubai, sehingga produk-produk dalam negeri dapat terfasilitasi pemasarannya hingga ke kawasan Timur Tengah.

“Tentunya, kehadiran MES UAE ini juga diharapkan dapat memudahkan akses bagi seluruh pemangku kepentingan terutama para pengusaha dan pelaku UMKM untuk mencari layanan dan informasi penting untuk mengembangkan bisnis hingga ekspor dan impor ke Timur Tengah,” tandasnya.

Selain pelantikan MES UAE, dalam waktu dekat juga diagendakan pelantikan MES Oman Yaman sekaligus penyerahan bantuan alat kesehatan untuk masyarakat Oman. (*) Dicky F.

Rezkiana Nisaputra

Recent Posts

HUT ke-26, Bank Mandiri Hadirkan Inovasi Digital Adaptif dan Solutif untuk Siap Jadi Jawara Masa Depan

Jakarta - Merayakan usia ke-26, Bank Mandiri meluncurkan berbagai fitur dan layanan digital terbaru untuk… Read More

9 hours ago

KemenKopUKM Gandeng Surveyor Indonesia Verifikasi Status Usaha Simpan Pinjam Koperasi

Jakarta - Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) menunjuk PT Surveyor Indonesia, anggota Holding BUMN IDSurvey,… Read More

10 hours ago

Bijak Manfaatkan Produk Keuangan, Ini Pesan OJK kepada Gen Z

Balikpapan - Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Jasa Keuangan, Edukasi dan Pelindungan Konsumen OJK Friderica… Read More

10 hours ago

Jurus OJK Perluas Akses Keuangan yang Bertanggung Jawab dan Produktif di Balikpapan

Balikpapan – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) semakin memperluas akses keuangan masyarakat terhadap sektor jasa keuangan yang… Read More

10 hours ago

Rayakan HUT ke-26, Bank Mandiri Luncurkan 5 Fitur dan Layanan Digital Terbaru

Komisaris Bank Mandiri Chatib Basri dan Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi saat meresmikan peluncuran… Read More

11 hours ago

BEI Catat 5 Saham Berikut Jadi Pemberat IHSG Pekan Ini

Jakarta - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) selama sepekan mengalami penurunan sebesar sebesar 2,61 persen… Read More

12 hours ago