Pengertian dan Rekomendasi HRIS ESS Populer

Pengertian dan Rekomendasi HRIS ESS Populer

Pengertian dan Rekomendasi HRIS ESS Populer
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Employee Self Service (ESS) adalah sebuah sistem teknologi yang digunakan oleh perusahaan untuk mengetahui mengenai performa karyawan seperti data pegawai, data kehadiran, data gaji, data HRD, dan pengajuan cuti atau ijin. Memiliki konsep ESS telah ada mulai pada awal tahun 2000 di beberapa perusahaan di Amerika Serikat. Konsep ini bertujuan untuk mempermudah proses input administrasi HRD lebih efektif dan cepat.

Perusahaan bisa dengan mudah mengakses portal HRIS ESS untuk memudahkan pekerjaan tim HR dan juga karyawan. Sehingga menghasilkan output yang menguntung perusahaan dan juga karyawan. Jadi bisa dikatakan dengan adanya HRIS ESS memberikan banyak keuntungan dan juga memangkas waktu lebih cepat jika dilakukan secara manual.

Untuk tahu lebih jelas lagi maka simak bahasan daftar HRIS ESS berikut ini.

Fitur HRIS ESS 

Berikut beberapa fitur yang bisa didapatkan dari HRIS ESS yaitu:

● Fitur Absensi  

● Fitur Slip Gaji

● Fitur Permohonan Cuti dan Lembur

● Fitur Informasi Karyawan

Untuk tahu apa saja daftar HRIS ESS yang bisa digunakan maka ketahui seperti penjelasan di bawah ini.

Daftar HRIS ESS Populer

1. Talenta by Mekari

HRIS ESS satu ini terbilang menjadi sebuah aplikasi yang cocok untuk perusahaan berskala menengah ke atas. Aplikasi yang bernama Talenta by Mekari ini sudah dipercaya sejak dalam, dan terbukti memiliki fitur handal yang bermanfaat bagi perusahaan dalam mengelola tHR lebih akurat.

HRIS ESS sudah dilengkapi dengan versi online dan juga program software, sehingga mudah digunakan. Ada beberapa fitur seperti menghitung dan membayar gaji karyawan secara otomatis, fitur absensi, sampai cuti karyawan juga tersedia di dalam aplikasi ini.

2. Web HR

Web HR merupakan salah satu contoh HRIS ESS yang membantu untuk meningkatkan pekerjaan dengan satu atap. WebHR menyediakan peran multi-pengguna, yang membuat tim HR dan perusahaan bisa mengakses data sesuai kebutuhan perusahaan.

Dengan menggunakan HRIS ESS ini karyawan bisa melihat absensi, mengajukan permohonan cuti, reimbursement, dan mengajukan resign melalui cara online.

3. Olive Employee Self Service

Olive ESS merupakan salah satu HRIS ESS yang menyediakan fitur  yang memudahkan dalam proses penggajian dan administrasi tim HR.

Dengan Olive ESS, perusahaan dapat mengatur sendiri untuk pengajuan cuti, pinjaman uang, slip gaji, dokumen, reimbursement dengan mudah.

4. Workday

Salah satu HRIS ESS  adalah Workday. Aplikasi ini berasal dari Amerika dan menyediakan berbagai produk HR yang membantu perusahaan untuk mengelola data karyawan lebih optimal.

Dengan menggunakan aplikasi ini akan memudahkan perusahaan dalam hal menggunakan teknologi serba modern untuk mengelola data karyawan, perekrutan, pengembangan bakat, penggajian dan juga cara supaya loyalitas karyawan pada perusahaan semakin meningkat lagi.

5. Timetastic

Timetastic menjadi salah satu HRIS ESS yang dapat memudahkan proses pendataan karyawan dengan memberikan berbagai fitur-fitur menarik. Terdiri dari dua jenis fitur yang ada di HRIS ESS ini, perusahaan tinggal memilih gratis  atau berbayar.

Jika ingin mendapatkan fitur yang lengkap maka perusahaan bisa memilih aplikasi yang berbayar.

6.  Exenta

Exenta menjadi sebuah HRIS ESS yang menggunakan web dalam menyediakan fitur HR. Karyawan dengan mudah merubah data pribadi, seperti alamat pribadi, kontak, sampai data kerabat terdekat. Dan juga memberi informasi pada HR juga tersedianya slip gaji otomatis

Karyawan bisa mengisi form pengajuan cuti dan lembur dan tim HR dapat memberi persetujuan melalui aplikasi Exenta ini.

Fitur ini juga memudahkan karyawan untuk melakukan reimbursement seperti transportasi, akomodasi, atau makan selama perjalanan bisnis dilakukan.

Exenta memungkingkan karyawan mengajukan klaim, melihat pengumuman terbaru dan sebagainya dengan cara yang mudah dan cepat.

7. WebHR

HRIS ESS yang juga memberikan fitur terlengkap yaitu aplikasi WebHR. Aplikasi ini dibuat oleh perusahaan luar yang sudah dilengkapi sistem digital dan juga sistem kerja yang handal. Sehingga perusahaan tidak perlu lagi meragukan kualitas dan layanan yang disediakan oleh HRIS ESS ini.

Fitur yang tersedia di dalam HRIS ESS ini seperti pengelolaan absensi karyawan, sistem penggajian, cuti dan sebagainya. Menggunakan sistem ini memberikan manfaat yang baik bagi perusahaan karena lebih mudah mengontrol dan juga sistemnya sudah terintegrasi pada sistem yang ada di dalam bagian lainnya.

8. Orangehrm

Selanjutnya ada aplikasi yang bisa digunakan perusahaan bernama Orangehrm yang merupakan buatan dari perusahaan di Amerika Serikat. Dengan menggunakan HRIS ESS ini akan perusahaan akan terbantu dalam pengelolaan sumber daya sehingga menjadi lebih efisien dan efektif lagi.

Fitur yang disediakan di dalam aplikasi ini seperti  penilaian kinerja karyawan, pembayaran gaji, perjalanan dinas karyawan, dan sebagainya. Sehingga dengan adanya fitur ini perusahaan jauh lebih mudah dalam menyusun data yang dikelola dengan maksimal.

9. Paycor

Jika Anda ingin memiliki HRIS ESS handal dan juga menarik maka bisa mencoba aplikasi Paycor. Dengan menggunakan aplikasi ini maka perusahaan menjadi lebih mudah untuk mengintegrasikan absensi karyawan dengan sistem gaji setiap bulannya. Aplikasi ini juga bisa membantu proses penerimaan karyawan lebih efisien. Sehingga dapat memberikan keuntungan dan juga manfaat yang lebih baik bagi perusahaan.

HRIS ESS Paycor ini juga terbilang banyak digunakan perusahaan besar karena sudah teruji kinerja sistemnya yang luar biasa memuaskan. Sehingga perusahaan merasa terbantu dengan adanya aplikasi ini, hasilnya terlihat lebih akurat dan minin error. 

10. Namely

Satu lagi HRIS ESS yang bisa diandalkan untuk membantu pengelolaan perusahaan lebih baik lagi yaitu Namely. Dengan menggunakan aplikasi ini maka data karyawan bisa dikelola lebih maksimal dan juga akurat.  Aplikasi ini berasal dari Amerika dan dipercaya memiliki sistem kerja yang handal dan juga memiliki fitur menarik dan lengkap.

Karyawan juga bisa menggunakan HRIS ESS ini dengan ketentuan yang diatur sebelumnya. Karyawan bisa mengisi data diri, data absen, cuti dan kinerja selama satu tahun dalam sistem ini.

Hal ini membantu perusahaan terutama tim HR untuk mudah menilai penampilan karyawan mana yang layak mendapat promosi dan mana yang masih dalam proses penilaian. 

11. Deskera

Lalu ada sebuah HRIS ESS yang mana banyak digunakan perusahaan menengah dan skala besar bernama Deskera buatan dari perusahaan Amerika Serikat. Dengan adanya aplikasi ini maka perusahaan bisa dengan mudah mengatur dan mengelola data karyawan lebih maksimal. Dan juga membantu pekerjaan tim HR jauh lebih mudah dan cepat.

HRIS ESS Deskera memiliki berbagai fitur yang lengkap dengan kemampuannya dalam mengatur dan mengelola data karyawan lebih mudah. Sehingga membantu perusahaan menyelesaikan pekerjaan karyawan lebih efektif dan mudah, hal ini khususnya untuk tim HR.

12. Apps Payroll and HR

HRIS ESS terbaik menjadi aplikasi terbaik dan banyak digunakan perusahaan berskala menengah dan besar yaitu Apps Payroll and HR. Aplikasi yang memungkinkan perusahaan bisa mengelola dan mengatur data karyawan lebih mudah dan input data tanpa batas. Sehingga hasil yang didapat lebih akurat dan jauh lebih lengkap jika dibandingkan dengan aplikasi sejenis lainnya. 

Fitur yang tersedia dalam aplikasi ini seperti fitur mengelola gaji dan kehadiran karyawan yang bisa dengan mudah terintegrasi antara bagian satu dengan dengan bagian lain. Dengan adanya  HRIS ESS ini memudahkan tim HRD mengerjakan penggajian setiap bulan tanpa ada masalah.

13. SAP SuccESS Factors

Satu lagi HRIS ESS yang bisa menjadi pertimbangan perusahan yaitu SAP SuccESS Factors yang mana menawarkan banyak keuntungan dalam mengatur dan mengelola pekerjaan HR jauh lebih efektif dan mudah. Aplikasi yang didukung dengan berbagai fitur seperti absensi karyawan, penggajian, sampai cuti tersedia lengkap dan mudah digunakan.

HRIS ESS ini mampu menghubungkan setiap karyawan dengan aplikasi dengan cara mudah dan sederhana. Sehingga nantinya karyawan bisa mengisi data dan juga berkonsultasi secara langsung ke tim HR. Dan juga ini memberikan keuntungan bagi tim HR karena pekerjaan jauh lebih mudah dikerjakan dan hasilnya lebih optimal dan cepat. 

Sehingga perusahaan dan tim HR bisa mengetahui karyawan mana yang memiliki potensi lebih baik dan mana yang kurang berpotensi. Hasilnya karyawan bisa mendapat promosi dan juga kenaikan tingkat lebih cepat dan mudah jika kinerjanya dinilai baik.

14. Hr.my 

Perusahaan yang saat ini membutuhkan sebuah HRIS ESS maka bisa mencoba bernama Hr. my. Dimana aplikasi ini didukung dengan fitur lengkap dan juga handal dalam melakukan pekerjaan HR dengan efektif. Fitur yang tersedia mulai dari absensi, payroll, sampai reimbursement semua pekerjaan tersebut bisa dikerjakan dengan mudah dan jauh lebih cepat. Dan juga fitur yang sudah terintegrasi dengan bagian lain selain tim HR, hal ini akan memudahkan perusahaan mengetahui segala informasi yang berhubungan dengan bagian manapun. 

Hasilnya semua pekerjaan di bagian tertentu menjadi lebih mudah karena data yang dibutuhkan sudah saling berkaitan satu sama lain secara sistem. Tentunya pekerjaan tim HR dan tim lain jauh lebih cepat dan efektif.

15. Zenefits 

Dan berikutnya hadir sebuah HRIS ESS yang bisa digunakan bernama Zenefits. Dengan menggunakan aplikasi Zenefits akan memudahkan tim HR dalam mengatur penggajian dan juga data absensi karyawan lebih mudah. Hal menarik lain dimana perusahaan dapat mengatur jadwal kerja karyawan lebih optimal. 

Sehingga proses pengelolaan waktu kerja dapat dijalankan sesuai dengan perusahaan. HRIS ESS ini bisa digunakan untuk perusahaan yang berskala kecil, menengah sampai perusahaan yang besar.

16. Sybiz

Sybiz merupakan sebuah HRIS ESS dan payroll yang dibuat dari negara Australia yang memiliki fitur lengkap. Dalam hal ini karyawan bisa mengisi data pribadi, mengecek jatah cuti juga mengajukan cuti melalui cara online, bisa melihat slip gaji sampai mengecek saldo jaminan pensiun.

Sybiz memudahkan Anda untuk diakses melalui smartphone dan web resminya, yang mana, setiap karyawan tidak harus berada di kantor untuk bisa mengelola masalah pekerjaannya.

HRIS ESS Sybiz ini bisa digunakan sesuai job desc. dan jabatan karyawan, seperti antara karyawan staff dan manajer. Aplikasi ini bisa diakses untuk mengajukan cuti, tapi dengan catatan manajer dan HR yang akan menyetujui atau menolak atas pengajuan tersebut.

Itulah bahasan mengenai HRIS ESS yang bisa Anda ketahui, semoga menjadi referensi dalam menentukan dan memilih HRIS ESS mana yang cocok untuk perusahaan Anda. (*)

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita Pilihan

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]