Moneter dan Fiskal

Penerimaan Negara Hingga Januari 2019 Capai Rp108,1 Triliun

Jakarta – Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mencatat realisasi penerimaan negara sampai dengan akhir Januari 2018 mencapai Rp108,1 triliun. Angka tersebut lebih tinggi bila dibandingkan dengan penerimaan negara di tahun lalu di bulan yang sama yakni sebesar Rp101,7 triliun.

Demikian pernyataan tersebut seperti disampaikan oleh Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati di Jakarta, Rabu, 20 Februari 2019. Menurutnya, total pendapatan negara tersebut lebih ditopang oleh penerimaan pajak yang sampai dengan 31 Januari 2019 tercatat sebesar Rp89,8 triliun.

“Realisasi penerimaan perpajakan sampai 31 Januari 2019 mencapai Rp89,8 triliun atau 5 persen terhadap APBN 2019. Ini lebih tinggi dibandingkan dengan tahun lalu yang sebesar Rp82,6 triliun,” ujar Menkeu.

Sementara untuk penerimaan negara bukan pajak sampai dengan akhir Januari 2019 tercatat sebesar Rp18,3 triliun. Angka tersebut mengalami penurunan bila dibandingkan dengan realisasi penerimaan negara bukan pajak di bulan Januari tahun sebelumnya yang tercatat sebesar Rp19,1 triliun.

Di sisi lain, Menkeu juga menyampaikan total belanja negara sampai dengan Januari 2019 yang tercatat mencapai Rp153,8 triliun. Belanja negara tersebut mengalami peningkatan bila dibandingkan dengan realisasi di tahun 2018 lalu di periode yang sama yakni tercatat sebesar Rp139,4 triliun.

Dirinya merincikan, untuk belanja pemerintah pusat sampai dengan 31 Januari 2019 tercatat sebesar Rp76,1 triliun, atau meningkat jika dibandingkan dengan bulan Januari di tahun sebelumnya yang mencapai Rp64,6 triliun. Sedangkan untuk transfer ke daerah dan dana desa mencapai Rp77,7 triliun.

“Belanja negara untuk transfer ke daerah dan dana desa itu juga meningkat dibandingkan dengan Januari tahun lalu yang sebesar Rp74,8 triliun,” ucapnya.

Sementara itu, untuk keseimbangan primer sampai dengan akhir Januari tahun ini tercatat mencapai Rp22,8 triliun. Realisasi keseimbangan primer di awal tahun ini mengalami peningkatan bila dibandingkan dengan awal tahun di 2018 yang tercatat mencapai Rp14,2 triliun. (*)

Rezkiana Nisaputra

Recent Posts

Ingat Pesan Prof Soemitro Djojohadikusumo Soal Dana Pembangunan yang Bocor 30 Persen

Oleh Karnoto Mohamad, Wakil Pemimpin Redaksi Infobank PRESIDEN Prabowo Subianto yang akan dilantik pada 20… Read More

22 mins ago

Ini Cara OJK Dukung UMKM Manfaatkan Pendanaan dari Pasar Modal

Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat penghimpunan dana oleh Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah… Read More

15 hours ago

Jokowi Terima Brevet Hiu Kencana di Atas KRI RJW–992, Apa Itu?

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima penyematan Brevet Kehormatan Hiu Kencana dalam upacara yang… Read More

17 hours ago

Setkab dan Kemensetneg Umumkan Hasil Verifikasi Sanggahan Pelamar CPNS 2024

Jakarta - Panitia Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Sekretariat Kabinet (Setkab) dan Kementerian Sekretariat… Read More

17 hours ago

Ubah Lahan Kritis Jadi Produktif, PLN Kembangkan Ekosistem Biomassa Berbasis Pertanian Terpadu

Jakarta - Upaya pengembangan ekosistem biomassa berbasis pertanian terpadu yang diinisiasi oleh PT PLN (Persero)… Read More

17 hours ago

Bank Mandiri Kembali Meluncurkan Mandiri MyPertamina Card untuk Manjakan Pencinta Otomotif

Jakarta – Bank Mandiri terus konsisten mendorong inovasi yang Adaptif dan Solutif melalui perluasan ekosistem,… Read More

18 hours ago