Pasar Modal

Penerbitan Obligasi Korporasi Capai Rp94,9 T hingga September 2024, Ini Detailnya

Jakarta – PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) mencatat total penerbitan surat utang (obligasi) korporasi secara nasional mencapai Rp94,9 triliun pada periode Januari-September 2024. Dari jumlah tersebut, Rp93,4 triliun berasal dari obligasi dan sukuk korporasi, sedangkan penerbitan obligasi jangka menengah (MTN) mencapai Rp1 triliun.

“Total penerbitan surat utang korporasi secara keseluruhan atau nasional itu sekitar Rp94,9 triliun,” ujar Kepala Divisi Pemeringkatan Non-Jasa Keuangan 1 Pefindo, Martin Pandiangan dalam konferensi pers Pefindo secara virtual, Kamis, 24 Oktober 2024.

Adapun nilai outstanding surat utang korporasi, lanjut Martin, per Januari-September berada di angka Rp474 triliun.

Baca juga: BNI Sekuritas Sebut Pasar Obligasi RI Masih Menarik di 2025, Ini Alasannya

Ia juga menyampaikan, sebagian besar tujuan pengunaan dana penerbitan surat utang korporasi sebagian besar adalah untuk modal kerja.

“Mayoritas dana dari penerbitan ini dialokasikan untuk keperluan modal kerja sebesar 65,4 persen, sementara refinancing 24,5 persen,” jelasnya.

Perbandingan dengan 2023

Kepala Divisi Pemeringkatan Non-Jasa Keuangan 1 Pefindo, Martin Pandiangan dalam konferensi pers secara virtual, Kamis, 24 Oktober 2024. (Tangkapan layar: Yulian Saputra)

Dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya, total penerbitan surat utang korporasi mengalami peningkatan dari Rp89,3 triliun pada 2023. Namun, penerbitan MTN mengalami penurunan dari Rp1,7 triliun pada tahun lalu menjadi Rp1 triliun.

Baca juga: Survei: 71 Persen Kelas Menengah Senang Belanja di Warung Madura

Kemudian untuk penerbitan efek utang lainnya yaitu perpetual dan Surat berharga Komersial (SBK) juga turun dari sebelumnya Rp800 miliar, kini menjadi Rp500 miliar.

Martin juga menambahkan, tren pelonggaran kebijakan moneter, termasuk penurunan suku bunga oleh bank sentral seperti Bank Indonesia (BI), menjadi salah satu katalis positif yang mendukung penurunan premi risiko surat utang. Hal ini, diharapkan, akan semakin mendorong pertumbuhan sektor korporasi di tengah pemulihan aktivitas sektor rill.

Meskipun demikian, pasar tetap berhati-hati dalam menyikapi situasi politik pasca-Pemilu, yang menjadi faktor lain yang mempengaruhi dinamika pasar keuangan Indonesia. “Pasar juga masih wait and see terkait kontestasi Pemilu yang telah berakhir,” pungkasnya. (*)

Yulian Saputra

Recent Posts

BI Resmi Perpanjang DP 0 Persen Kendaraan Bermotor: Beli Mobil Sekarang, Bayar Nanti!

Jakarta - Bank Indonesia (BI) memperpanjang kebijakan pelonggaran makroprudensial yakni ketentuan uang muka kredit atau pembiayaan… Read More

18 mins ago

Transisi Energi, Pertamina Tetap Layani BBM

Jakarta – Transisi energi dari bahan bakar fosil ke listrik atau bahan bakar berkelanjutan masih… Read More

35 mins ago

Bukan Lansia, 62 Persen Lebih Kasus Fraud Menimpa Generasi U-40!

Bali - Roger Kuo selaku Chief Executive Officer (CEO) salah satu perusahaan penyedia solusi keamanan… Read More

2 hours ago

Prabowo Bakal Putihkan Kredit Petani dan Nelayan, Begini Respons BSI dan BTN

Jakarta – PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) dan PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) menyambut baik… Read More

2 hours ago

379 Saham Merah, IHSG Berakhir Ditutup Anjlok 0,91 Persen

Jakarta – Indeks harga saham gabungan (IHSG) pada hari ini, Kamis, 24 Oktober 2024, ditutup… Read More

2 hours ago

BPK Berhasil Selamatkan Uang Negara Rp13,66 Triliun di Semester I 2024

Jakarta - Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI berhasil menyelamatkan keuangan negara sebesar Rp13,66 triliun selama… Read More

2 hours ago