Info Anda

Penerapan K3 Bagi Pekerja Lapangan

Jakarta – Wajib hukumnya bagi pekerja lapangan  untuk mengerti tentang K3. Lingkungan kerja yang sehat dan aman bukan hanya akan menguntungkan pekerja tapi juga menguntungkan perusahaan.

Kecelakaan kerja tentu menjadi momok tersendiri, khususnya bagi pekerja lapangan. Misalnya bagi mereka yang bekerja di perusahaan oil dan gas. Sehingga, aturan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) tentu sangat relevan untuk terus digaungkan. 

Lingkungan kerja yang sehat dan aman akan mengurangi kemungkinan kecelakaan kerja /penyakit akibat kelalaian yang mengakibatkan produktivitas kerja mengalami penurunan.

Payung hukum tentang APD ini tentu saja sangat jelas, karena memang pemerintah sangat peduli tentang persoalan keselamatan kerja ini. Dalam aturan ini misalnya pekerja berkewajiban memakai alat pelindung diri (APD) dengan benar serta mematuhi syarat K3.

Pekerja juga perlu dilengkapi dengan safety helmet sarung tangan khusus, sepatu boot sampai kacamata pengaman untuk melindungi mata dari percikan serpihan-serpihan kecil yang melayang di udara dan cahaya berlebihan. 

Pekerja juga memerlukan rompi safety atau safety vest, dirancang khusus dengan reflektor yang akan memantulkan cahaya. 

Masker dan pelindung telinga juga menjadi wajib untuk para pekerja. Pelindung telinga untuk meredam kebisingan dan meminimalisir risiko kesehatan karena suara bising.

Risiko memang selalu ada dalam pekerjaan. K3 memang difungsikan untuk meminimalisir segala risiko yang bisa timbul dalam pekerjaan.  

Selain berbagai hal tersebut, sebaiknya pekerja juga perlu mendapat perlindungan atau proteksi berupa asuransi yang melindungi keselamatan mereka.

Tugu Insurance menyediakan perlindungan Workmen’s Compesation yang memberikan perlindungan, rasa nyaman dan aman dan menanggung risiko  apabila pekerja menderita kecelakaan berupa luka-luka cedera badan bahkan sampai pekerja meninggal dunia karena kecelakaan kerja selama mereka dalam ikatan kerja.

Berdiri sejak 28 November 1981, PT Tugu Pratama Indonesia Tbk terus melakukan inovasi produk-produk terbaik dan berkomitmen memberikan layanan berkualitas dan kemudahan akses bagi para pemegang polisnya .berbagai akses digital juga memudahkan untuk melakukan klaim ketika terjadi musibah atau kecelakaan kerja. Informasi lengkapnya di sejumlah channel media sosial Tugu Insurance atau di www.tugu.com   

Rezkiana Nisaputra

Recent Posts

Transisi Kemenparekraf jadi KemenPar dan KemenEkraf Ditarget Rampung Desember 2024

Jakarta - Proses transisi dari nomenklatur Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menjadi dua entitas yakni Kementerian… Read More

7 hours ago

Retreat Kabinet di Magelang, PLN Sukses Amankan Listrik Berlapis

Jakarta - PT PLN (Persero) turut menyukseskan rangkaian Retreat Kabinet Merah Putih yang diinisiasi oleh… Read More

7 hours ago

Bank Jago Perkuat Literasi Keuangan Ibu dan Anak Lewat Program Jagoan Baca

Jakarta – PT Bank Jago Tbk kembali berkomitmen dalam meningkatkan literasi keuangan di Indonesia, kali… Read More

8 hours ago

IHSG Sepekan Turun 0,84 Persen, Kapitalisasi Pasar Rp12.888 Triliun

Jakarta - PT Bursa Efek Indonesia (BEI) menyatakan bahwa data perdagangan saham pada pekan ini,… Read More

14 hours ago

Dharma Polimetal (DRMA) Sukses Bukukan Penjualan Rp4 Triliun di Kuartal III-2024

Jakarta – PT Dharma Polimetal Tbk (DRMA), emiten terkemuka dalam manufaktur komponen otomotif di Indonesia,… Read More

15 hours ago

Tingkatkan Layanan Digital, Bank Banten Hadirkan Fitur Pembayaran QRIS di Jawara Mobile

Tangerang – PT Bank Pembangunan Daerah Banten Tbk terus meningkatkan fitur di aplikasi mobile banking,… Read More

15 hours ago