News Update

Pendapatan Premi Asuransi Jiwa Terkontraksi 7,9%

Jakarta – Pandemi masih menyebabkan tekanan kinerja di industri asuransi jiwa. Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) mencatat, pendapatan premi secara industri masih terkontraksi sebesar 7,9% atau dari Rp145,41 triliun di kuartal III 2019 menjadi Rp133,99 triliun di kuartal III 2020.

Namun begitu, jika dilihat secara per kuartal, premi asuransi jiwa masih mencatatkan pertumbuhan 2,5%, atau dari Rp44,18 triliun di kuartal II menjadi Rp45,29 di kuartal III tahun ini.

“Tentunya ini indikasi positif. Kami dari AAJI optimis di kuartal keempat ini pertumbuhan akan semakin baik lagi,” ujarnya dalam paparan kinerja AAJI di Jakarta, Jumat, 27 November 2020.

Dari total premi tersebut, mayoritasnya masih berasal dari produk asuransi yang dikaitkan dengan investasi (PAYDI) atau unit link, sementara sisanya berasal dari produk tradisional. “Unit link porsinya 63,9% dari total pendapatan premi dan 36,1% dari tradisional” kata Wiroyo.

Sejalan dengan premi, hasil investasi industri asuransi jiwa juga mengalami penurunan akibat dampak dari pasar modal yang sempat anjlok karena pandemi. Di mana, hasil investasi mengalami perlambatan 252,8% (year on year/yoy) menjadi minus Rp17,57 triliun di kuartal III tahun ini.

Penurunan premi dan hasil investasi tersebut, lanjut Wiroyo, berdampak pada penurunan total pendapatan industri asuransi jiwa sebesar 25,1% secara tahunan menjadi Rp123,56 triliun.

“Proyeksi di 2021, dengan melihat beberapa hal seperti proses pengembangan vaksin, kembali membaiknya pasar modal, dan lain sebagainya, kami sangat optimis tahun depan akan lebih baik lagi dibanding tahun ini,” tegas Wiroyo. (*) Bagus Kasanjanu

Editor: Rezkiana Np

Suheriadi

Recent Posts

CCP Tonggak Baru Peran KPEI di Pasar Uang dan Valuta Asing

Jakarta - PT Kliring Penjaminan Efek Indonesia (KPEI) secara resmi mulai mengoperasikan Central Counterparty Pasar… Read More

44 mins ago

Masuk Bursa Kabinet Prabowo-Gibran, Airlangga dan Azwar Anas Bilang Begini

Jakarta – Dua menteri kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi) menanggapi isu masuknya mereka ke dalam bursa kabinet… Read More

2 hours ago

BEI Optimistis Short Selling Dorong Peningkatan Likuiditas

Jakarta - Setelah meluncurkan layanan transaksi short selling pada hari ini (3/10), PT Bursa Efek… Read More

2 hours ago

Payroll BSI Masuk dalam Tiga Besar Bank yang Diminati ASN

Jakarta - PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) secara konsisten memperkuat dana murah melalui payroll.… Read More

3 hours ago

Pengguna GoPay Tembus 30 Juta Setahun setelah Diluncurkan

Jakarta - GoPay unit bisnis Financial Technology dari PT Goto Gojek Tokopedia (GOTO) mencatat kenaikan… Read More

3 hours ago

Industri Pengemasan Makanan Menggeliat, ALL Pack-ALL Print Indonesia Lakukan Ini

Jakarta – Industri pengemasan makanan atau Food Packaging Industry tengah menggeliat. Laju perkembangan industri ini ditaksir mencapai 6… Read More

4 hours ago