Nasional

Penanganan Kurtesa Peserta BPJS Kesehatan Sepenuhnya Ditanggung JKN-KIS

Jakarta – Reni Etipa (39) tidak menyangka harus mendapatkan pengalaman yang menyedihkan saat mengalami keguguran dan janin dalam rahimnya terpaksa mendapatkan penanganan kuretase di Rumah Sakit. Ia sebelumnya bahagia karena mendapat kabar bahwa dirinya kembali hamil, namun ia tak menduga bahwa janin dalam rahimnya tidak berkembang.

“Saat itu sudah sangat senang karena mendapat kabar bahwa saya hamil kembali. Namun setelah beberapa bulan, saya merasakan ada yang tidak biasa dengan kehamilan saya. Kemudian saya berobat ke dokter dan ternyata janin dalam perut saya tidak berkembang. Saya sedih dan bingung,” jelas Rani melalui keterangan tertulisnya, di Jakarta, Jumat 4 Desembee 2020.

Rani menceritakan, saat itu ia sempat merasa tidak percaya apa yang terjadi, apalagi ketika dokter mengatakan bahwa ia harus menjalani operasi kuretase. Sempat juga terpikirkan berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk melakukan operasi tersebut.

Namun ternyata dia mendapat kabar bahwa operasinya ternyata ditanggung BPJS Kesehatan melalui program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN–KIS).

“Alhamdulillah saya menjadi seorang peserta JKN-KIS. Padahal jika harus membayar untuk operasi, saya bingung hendak cari uangnya kemana karena saya hanya seorang ibu rumah tangga dan suami sehari-hari dapat penghasilan dari bersawah saja,” katanya.

Selain itu, menurutnya penanganan untuk dirinya yang merupakan pasien JKN-KIS dan pasien biasa juga sama saja. Meski mendapatkan perawatan di kelas tiga, namun ia bersyukur karena tidak harus menunggu lama untuk mendapatkan penanganan masalahnya.

“Alur penanganannya tidak ribet lah. Jadi saya juga tak harus lama menahan sakit karena mesti menjalani Kuretase. Tidak ada perbedaan layanan yang saya alami,” kata Reni.

Ia merasa beruntung karena ada program JKN-KIS. Berkat adanya program tersebut, ia yang merupakan seorang yang dari keluarga ekonomi yang tidak begitu beruntung bisa mendapatkan pengobatan yang layak.

“Banyak sekali manfaat yang dirasakan dari program JKN-KIS, sangat beruntung jadi peserta JKN–KIS. Layanan bagus, mulai dari awal pemeriksaan hingga operasi. Saya dilayani dengan baik disaat kondisi sedang drop saat itu,” ujar Reni. (*)

Editor: Rezkiana Np

Suheriadi

Recent Posts

Maybank Indonesia Raih The Asian Experience Awards 2024

Head, SME Banking Maybank Indonesia memberikan sambutan saat acara The Asian Experience Awards 2024, di… Read More

48 mins ago

LMAN Buka-bukaan soal Nasib Aset Rumah Dinas DPR

Jakarta - Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) mengeklaim siap apabila ditugaskan untuk mengelola rumah dinas… Read More

2 hours ago

Mandiri Inhealth Perkuat Dampak Sosial ke Masyarakat Lewat Cara Ini

Jakarta – PT Asuransi Jiwa Inhealth Indonesia (Mandiri Inhealth) terus memperkuat komitmen dalam memberikan dampak positif bagi… Read More

2 hours ago

LMAN Kucurkan Rp134,35 Triliun untuk Pendanaan Lahan PSN

Jakarta - Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) memberikan pendanaan lahan sebesar Rp134,45 triliun untuk Proyek… Read More

3 hours ago

LMAN Gelontorkan Rp2,85 Triliun untuk Pembebasan Lahan IKN

Jakarta – Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) telah merealisasikan Rp2,85 triliun untuk pembebasan atau pengadaan lahan pembangunan… Read More

3 hours ago

Dari Gelar Doktor Kehormatan hingga Waketum Kadin, Segini Harta Kekayaan Raffi Ahmad

Jakarta – Nama Raffi Ahmad (37), belakangan menjadi perbincangan publik. Bukan karena prestasi di dunia showbiz yang… Read More

5 hours ago