Pemulihan Pariwisata Dorong Belanja Masyarakat Bali dan Nusa Tenggara

Pemulihan Pariwisata Dorong Belanja Masyarakat Bali dan Nusa Tenggara

Pariwisata Ditargetkan Sumbang Devisa USD24 Miliar di 2019
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Jakarta – Tingkat belanja masyarakat Bali dan Nusa Tenggara terus mengalami peningkatan pasca kembali pulihnya sektor pariwisata. Mandiri Spending Index mencatat pada awal Maret 2022 tingkat belanja wilayah Bali & Nusa Tenggara mencapai 63,6, tertinggi sejak 2 tahun lalu.

“Beberapa hal berkontribusi pada kenaikan ini, seperti pembukaan kembali pintu internasional ke Bali sejak awal Februari 2022, di mana perhelatan MotoGP Mandalika berdampak sangat signifikan pada kenaikan kunjungan masyarakat di NTB dan Bali,” jelas Spokeperson Head of Mandiri Institute Teguh Yudo Wicaksono pada keterangannya, Jumat, 25 Maret 2022.

Sebelumnya, uji coba MotoGP di Sirkuit Mandalika dilakukan pada 11-13 Februari 2022. Balapan MotoGP juga sudah digelar pada 16 – 18 Maret lalu. Rentetan event ini dinilai mampu meningkatkan tingkat belanja masyarakat Bali dan Nusa Tenggara yang memang lesu sejak sektor pariwisata ditutup akibat pandemi.

Menurut Hasil Riset Mandiri Institute terkait Belanja Masyarakat juga menyebutkan pelonggaran mobilitas yang berimbas pada meningkatnya belanja di pusat perbelanjaan (department stores, supermarket, atau restoran). Teguh memperkirakan, tren belanja akan terus tinggi didukung periode musiman Ramadan dan Lebaran, baik yang dilakukan secara onsite maupun lewat belanja online.

Di sisi lain, belanja yang selalu tertekan setiap ada kenaikan kasus dan pembatasan mobilitas, seperti fesyen, kembali meningkat dan mulai berada di sekitar level prapandemi. Hal ini dinilai bisa meningkatkan tingkat belanja masyarakat di seluruh wilayah Indonesia. (*)

 

Editor: Rezkiana Nisaputra

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]