News Update

Pemulihan Ekonomi Lamban, Rupiah Ditutup Melemah Rp14.777/US$

Jakarta – Dalam penutupan perdagangan hari ini (3/9) nilai tukar rupiah terhadap dolar. As ditutup pada level Rp14.777/US$. Angka tersebut tercatat melemah 32 point dari penutupan perdagangan kemarin (2/8) dilevel Rp14.745/US$.

Direktur PT TRFX Garuda Berjangka Ibrahim Assuaibi menilai, pemulihan ekonomi global diprediksi akan berjalan lebih lambat khususnya negara di Eropa dan China.

“Sementara itu, China mengatakan pada hari sebelumnya bahwa purchasing managers index (PMI) jasa Caixin untuk Agustus adalah 54, sedikit turun dari pembacaan Juli di 54,1 tetapi masih menunjukkan pertumbuhan bulan keempat, namun data tersebut belum bisa di jadikan alasan bahwa ekonomi akan pulih lebih cepat,” kata Ibrahim di Jakarta, Kamis 3 September 2020.

Tak hanya itu, kebijakan bank sentral AS (Federal Reserve/The Fed) yang membabat habis suku bunga acuannya menjadi 0,25% serta menerapkan kembali program pembelian aset atau yang dikenal dengan quantitative easing (QE) juga dikhawatirkan membuat perekonomian AS menjadi banjir likuiditas.

Sementara itu dari dalam negeri, pandemi virus corona belum bisa teratasi dan berimbas terhadap stagnasi ekonomi. Menurutnya, Pemerintah berkemungkinan meminta Bank Indonesia (BI) untuk berkontribusi dalam pembiayaan defisit anggaran alias burden sharing sampai 2022.

“Presiden Jokowi menyatakan bahwa jika pertumbuhan ekonomi tahun depan bisa berada di kisaran 4,5% hingga 5,5%, maka burden sharing mungkin tidak lagi dibutuhkan pada 2022. Pernyataan Jokowi bisa dimaknai bahwa masih ada peluang pemerintah akan meminta bantuan kepada BI untuk membiayai defisit anggaran setidaknya hingga 2022,” ucap Ibrahim.

Dirinya menilai, pelaku pasar kecewa karena ke kebijakan tersebut. Terlebih pasar memperkirakan burden sharing hanya kebijakan jangka pendek, ad hoc, one off. Namun ternyata ada kemungkinan bertahan lama hingga pemulihan ekonomi benar benar terjadi.

Sebagai informasi saja, berdasarkan kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) hari ini, (3/9) kurs rupiah berada pada posisi Rp14.818/US$ terlihat melemah dari posisi Rp14.804/US$ pada perdagangan kemarin (2/9). (*)

Editor: Rezkiana Np

Suheriadi

Recent Posts

Diikuti 6.470 Pelari, PLN Electric Run 2024 Ditarget Hindari Emisi Karbon hingga 14 ton CO2

Jakarta - Sebanyak 6.470 racepack telah diambil pelari yang berpartisipasi dalam PLN Electric Run 2024… Read More

3 hours ago

Segini Target OJK Buka Akses Produk dan Layanan Jasa Keuangan di BIK 2024

Jakarta – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) membidik pencapaian Bulan Inklusi Keuangan (BIK) 2024 sekitar 8,7… Read More

4 hours ago

HUT ke-26, Bank Mandiri Hadirkan Inovasi Digital Adaptif dan Solutif untuk Siap Jadi Jawara Masa Depan

Jakarta - Merayakan usia ke-26, Bank Mandiri meluncurkan berbagai fitur dan layanan digital terbaru untuk… Read More

17 hours ago

KemenKopUKM Gandeng Surveyor Indonesia Verifikasi Status Usaha Simpan Pinjam Koperasi

Jakarta - Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) menunjuk PT Surveyor Indonesia, anggota Holding BUMN IDSurvey,… Read More

18 hours ago

Bijak Manfaatkan Produk Keuangan, Ini Pesan OJK kepada Gen Z

Balikpapan - Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Jasa Keuangan, Edukasi dan Pelindungan Konsumen OJK Friderica… Read More

18 hours ago

Jurus OJK Perluas Akses Keuangan yang Bertanggung Jawab dan Produktif di Balikpapan

Balikpapan – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) semakin memperluas akses keuangan masyarakat terhadap sektor jasa keuangan yang… Read More

18 hours ago