News Update

Pemulihan Ekonomi AS Buat Rupiah dibuka Melemah

Jakarta – Pada hari ini (15/4) nilai tukar rupiah terhadap dolar as dibuka pada level Rp14.617/US$, posisi tersebut melemah 0,10%, bila dibandingkan dengan perdagangan kemarin (14/4) di level Rp14.602/US$.

Direktur PT.TRFX Garuda Berjangka Ibrahim Assuaibi menjelaskan, pemulihan ekonomi Amerika Serikat (AS) terus berlanjut dimana pengamat memprediksi ekonomi AS dapat tumbuh sebesar 5% hingga 6% pada tahun 2021.

“Pemulihan ekonomi AS didorong oleh peningkatan vaksinasi dan bantuan fiskal yang solid, tetapi Federal Reserve belum akan menarik dananya dulu, kata Presiden Fed Philadelphia Patrick Harker,” kata Ibrahim di Jakarta, Kamis 15 April 2021.

Sementara itu faktor di dalam negeri, perkembangan peta zonasi risiko covid-19 per 11 April 2021 masih menunjukkan  peningkatan pada zona merah atau risiko tinggi dari awalnya 10 zona merah menjadi 11 di Kabupaten/kota.

Sementara untuk zona orange atau risiko sedang juga meningkat, dari 289 menjadi 316 kabupaten/kota. Sementara zona kuning atau risiko rendah menurun dari 207 menjadi 178 kabupaten/kota. Sedangkan zona hijau yang tidak ada kasus 8 kabupaten/kota dan yang tidak terdampak 1 kabupaten/kota.

“Selain upaya yang dilakukan pemerintah, perkembangan penanganan Covid-19 di Indonesia bergantung juga pada perilaku masyarakat dalam menerapkan perubahan perilaku. Perkembangan penanganan Covid-19 bersifat dinamis, sehingga diperlukan kerjasama dua belah pihak agar menghasilkan perkembangan ke arah yang baik,” jelas Ibrahim.

Sebagai informasi saja, berdasarkan kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) hari ini, (15/4) kurs rupiah berada pada posisi Rp14.633/US$ terlihat menguat dari posisi Rp14.648/US$ pada perdagangan kemarin (14/4). (*)

Editor: Rezkiana Np

Suheriadi

Recent Posts

Kredit Tumbuh 8,21 Persen, Bank Kalteng Raup Laba Rp286,56 Miliar di Kuartal III 2024

Jakarta - PT Bank Pembangunan Daerah Kalimantan Tengah atua Bank Kalteng mencatat pertumbuhan kinerja yang… Read More

2 hours ago

Tingkatkan Kompetensi Jurnalis, CIMB Niaga Adakan Workshop Literasi Keuangan

Bogor - PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) mengajak puluhan jurnalis dari 17 kota di… Read More

3 hours ago

Bank Permata (BNLI) Cetak Laba Rp2,8 Triliun, Ini Penopangnya

Jakarta – PT Bank Permata Tbk (Permata Bank/BNLI) mencetak laba bersih sebesar Rp2,8 triliun pada kuartal… Read More

3 hours ago

Jelang Akhir Pekan, IHSG Berbalik Dibuka Naik ke Level 7.731

Jakarta - Pada pembukaan perdagangan pagi ini pukul 9:00 WIB, Jumat, 25 Oktober 2024, indeks… Read More

4 hours ago

IHSG Berpotensi Melemah, Analis Rekomendasikan Saham ASII, BFIN, BRPT hingga CPIN

Jakarta - MNC Sekuritas melihat pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) secara teknikal pada hari… Read More

5 hours ago

Hana Bank: Transisi Pemerintahan Baru akan Mengguncang Ekonomi RI

Jakarta - Direktur Utama Hana Bank, Jong Jin Park mengungkapkan, transisi pemerintahan baru akan memberikan dampak besar… Read More

13 hours ago