Nasional

Pemuda di Depok Bobol Sistem Top Up Kartu KRL, Bagaimana Nasib Data dan Saldo Penumpang?

Jakarta – PT KAI Commuter Indonesia (KCI) memastikan data dan saldo penumpang commuterline aman, setelah adanya kejadian peretasan Aplikasi C-Access oleh warga Depok, Jawa Barat

Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba mengatakan, peretasan sendiri dilakukan pada fitur pengisian ulang saldo Kartu Multi Trip (KMT) di aplikasi C-Access sebagai pembayaran tiket commuterline. 

KCI pun menjamin keamanan saldo pada KMT dan data penumpang Commuter yang sudah terdaftar pada aplikasi C-Access. 

“Jadi, masyarakat juga tidak perlu khawatir untuk melanjutkan penggunaan aplikasi ini dalam menggunakan Commuter Line, karena KAI Commuter memiliki manajemen keamanan informasi yang baik,” katanya dalam keterangan tertulis dikutip 7 Maret 2024.

Baca juga : JakCard Bank DKI Kini Bisa Digunakan Sebagai Tiket Perjalanan KRL

Saat ini, KCI telah menerapkan ISO 27001:2013 sebagai standarisasi sistem manajemen keamanan informasi pada sistem informasi manajemen KMT dan transaksi online top up KMT di Aplikasi C-Access. 

Standarisasi keamanan ini secara berkala dilakukan audit oleh auditor independen untuk memastikan keamanan dalam penerapannya.

Sebelumnya, seorang pemuda asal depok, bernama Ahmad Addril Hidayah (22) dicokok polisi usai meretas sistem aplikasi C-Access terkait pengisian ulang saldo Kartu Multi Trip (KMT) KRL milik KAI.

Dengan bermodal handphone dan sejumlah aplikasi, pelaku berhasil mendapatkan saldo hingga Rp12 juta dalam waktu 3 hari.

Baca juga: Dibobol USD70 Juta, CoinEx Ungkap Biang Kerok Peretasan Hot Wallet

Kapolres Metro Depok Kombes Arya Perdana mengatakan, pelaku melakukan aksi peretasan tersebut dengan menggunakan aplikasi hacking Http Canary dan metode pembayaran melalui Gopay.

“Pelaku mengubah sistem aplikasi C-Access di mana pembayaran tagihan administrasi hanya Rp1 tiap top-up, sehingga memperoleh saldo top-up sebesar Rp 12.414.998 dari total 25 kali top-up dengan pembayaran Rp25,” jelasnya, seperti dikutip Kamis, 7 Maret 2024.

Berdasarkan pengakuan pelaku, Arya mengatakan bahwa peretasan top up saldo KMT KRL dipelajari oleh pelaku dari tutorial video di internet. 

Atas aksinya tersebut, pelaku telah ditahan di Mapolres Metro Depok dan dijerat Pasal 33 juncto Pasal 49 dan atau Pasal 30 juncto Pasal 46 Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2024 Tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik dengan ancaman hukuman enam sampai maksimal 10 tahun penjara. (*)

Editor: Galih Pratama

Muhamad Ibrahim

Recent Posts

HUT ke-26, Bank Mandiri Hadirkan Inovasi Digital Adaptif dan Solutif untuk Siap Jadi Jawara Masa Depan

Jakarta - Merayakan usia ke-26, Bank Mandiri meluncurkan berbagai fitur dan layanan digital terbaru untuk… Read More

5 hours ago

KemenKopUKM Gandeng Surveyor Indonesia Verifikasi Status Usaha Simpan Pinjam Koperasi

Jakarta - Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) menunjuk PT Surveyor Indonesia, anggota Holding BUMN IDSurvey,… Read More

5 hours ago

Bijak Manfaatkan Produk Keuangan, Ini Pesan OJK kepada Gen Z

Balikpapan - Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Jasa Keuangan, Edukasi dan Pelindungan Konsumen OJK Friderica… Read More

6 hours ago

Jurus OJK Perluas Akses Keuangan yang Bertanggung Jawab dan Produktif di Balikpapan

Balikpapan – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) semakin memperluas akses keuangan masyarakat terhadap sektor jasa keuangan yang… Read More

6 hours ago

Rayakan HUT ke-26, Bank Mandiri Luncurkan 5 Fitur dan Layanan Digital Terbaru

Komisaris Bank Mandiri Chatib Basri dan Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi saat meresmikan peluncuran… Read More

7 hours ago

BEI Catat 5 Saham Berikut Jadi Pemberat IHSG Pekan Ini

Jakarta - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) selama sepekan mengalami penurunan sebesar sebesar 2,61 persen… Read More

8 hours ago