Internasional

Pemimpin Hamas Yahya Sinwar Tewas dalam Serangan Israel

Jakarta – Pemimpin Hamas Yahya Sinwar dikabarkan tewas dalam serangan yang dilancarkan militer Israel di jalur Gaza, pada Kamis (17/10). 

Kematian Sinwar diklaim dalam sebuah video berdurasi 48 detik yang diposting Juru Bicara Internasional IDF Letnan Kolonel Nadav Shoshani di media sosial yang menggambarkan momen-monen terakhir sebelum tewas.

Di mana, menunjukan sebuah rumah yang di bombardir di jalur Gaza dengan sesosok yang diselimuti kain duduk di kursi berlengan.

Baca juga : Lebanon Berhasil Bobol Iron Dome, 4 Tentara Israel Tewas

Meski Shoshani menggambarkan rekaman itu kasar, video tersebut berhenti dan memberi label sosok yang duduk itu sebagai Sinwar, dengan garis merah. 

Dinukil CNN, saat ini militer Israel tengah melakukan proses identifikasi melalui tes DNA terhadap jenazah yang diyakini Yahya Sinwar.

Hasilnya, ada sebuah kecocokan DNA dari jenazah tersebut. Selain tes DNA, identifikasi juga dilakukan dengan pengecekan struktur gigi dalam memastikan identitas Sinwar. Menurut pejabat militer Israel, identifikasi melalui struktur gigi relatif lebih cepat dan akurat.

Baca juga : Konflik di Lebanon, Biden Janjikan Dukungan Kuat bagi Israel

Kematian Sinwar juga diberitakan oleh media Al Jazeera. Berdasarkan hasil tes terhadap jenazah tersebut dikonfirmasi bahwa Yahya Sinwar terbunuh. 

“Setelah merampungkan hasil tes terhadap mayat itu, bisa dikonfirmasi bahwa Yahya Sinwar telah terbunuh,” demikian keterangan pihak militer Israel, dikutip Al Jazeera.

“Lusinan operasi yang dilakukan oleh militer Israel dan ISA (Shin Bet, Badan Keamanan Dalam Negeri Israel) selama setahun terakhir dan beberapa pekan belakangan di area ia dibunuh telah membatasi ruang gerak Yahya Sinwar oleh pasukan Israel hingga kematiannya,” militer Israel menambahkan. (*)

Editor: Galih Pratama

Muhamad Ibrahim

Recent Posts

Bikin Ngiler! Segini Uang Pensiun Jokowi Usai Lengser dari Jabatan Presiden

Jakarta - Pada 20 Oktober 2024, Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan lengser dari jabatannya sebagai… Read More

24 mins ago

Bos BEI Harap Ada BUMN IPO di Pemerintahan Prabowo-Gibran

Jakarta - PT Bursa Efek Indonesia (BEI) mengungkapkan harapannya kepada pemerintah kabinet Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming… Read More

1 hour ago

Kadin Bentuk Asosiasi Keamanan Siber ADIKSI, Perkuat Ekosistem Digital di Indonesia

Jakarta - Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) meresmikan Asosiasi Digitalisasi dan Keamanan Siber Indonesia… Read More

1 hour ago

Bank Mega Syariah Umumkan Pemenang Program Berkah Berlimpah Mega Syariah Tahap Tiga

Jakarta – Bank Mega Syariah mengumumkan sebanyak 71 nasabah beruntung terpilih sebagai pemenang program Berkah Berlimpah Mega… Read More

2 hours ago

OJK Bergabung dengan Global Asia Insurance Partnership, Perkuat Perasuransian di Asia

Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengumumkan telah bergabung dengan Global Asia Insurance Partnership (GAIP)… Read More

3 hours ago

IHSG Kembali Dibuka Naik 0,44 Persen ke Level 7.769

Jakarta - Pada pembukaan perdagangan pagi ini pukul 9:00 WIB, Jumat, 18 Oktober 2024, Indeks… Read More

3 hours ago