Pemerintah Targetkan 30 juta UMKM Go Digital di 2024

Pemerintah Targetkan 30 juta UMKM Go Digital di 2024

UMKM Go Digital
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Jakarta – Kementerian Koperasi dan UKM berkerjasama dengan Google Indonesia dalam upaya implementasi digitalisasi kepada pelaku usaha UMKM. Pemerintah menargetkan pada tahun 2024 sebanyak 30 juta UMKM sudah go digital. Saat ini, sudah 19 juta pelaku UMKM yang sudah masuk ke ekosistem digital.

Meskipun, pandemi menghantam para pelaku UMKM, nyatanya pelaku UMKM terutama perempuan mampu bangkit dari keterpurukan dengan menerapkan digitalisasi.

University of Monash merilis bahwa selama tahun 2021 Woman Micro Small and Medium Enterprises Indonesia mampu beradaptasi dan berjuang menerapkan skala prioritas biaya pengeluaran hingga implementasi digitalisasi dalam proses penjualan untuk tetap bertahan di tengah pandemi,” ungkap Siti Azizah, Deputi Bidang Kewirausahaan Kementerian Koperasi dan UKM, Kamis, 11 Agustus 2022.

Baca juga : Siapkan Anggaran Besar, Pemerintah Terus Perkuat UMKM Dengan Berbagai Insentif

Lanjut Azizah, salah satu program melalui kerjasama Kementerian Koperasi dan UKM dengan Google Indonesia, tentunya akan membantu para pelaku UMKM terutama para ibu-ibu atau perempuan untuk onboarding digital, dalam membuka Google Account Bisnis agar usaha yang mereka rintis berada pada list Google Maps.

“Apabila akses bagi perempuan untuk mendapatkan pendidikan dan pekerjaan dalam sektor digital dapat ditingkatkan, maka Pendapatan Domestik Bruto suatu negara akan mengalami kenaikan. Dikarenakan produktifitas dan peranan perempuan lebih tinggi, jelas Azizah. (*) Irawati

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita Pilihan

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]