Pemerintah Pusat dan Daerah Bersinergi Terkait Data Covid-19

Pemerintah Pusat dan Daerah Bersinergi Terkait Data Covid-19

Jakarta – Menjelang vaksinasi Covid-19, pemerintah terus berkoordinasi dengan masing-masing pemerintah daerah untuk melakukan sinkronisasi data. Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito mengungkapkan, saat ini Kementerian Kesehatan tengah menyamakan data dengan masing-masing daerah di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota agar tak terjadi kesalahan.

“Kami meminta kepada pemerintah daerah agar menghubungi Kementerian Kesehatan agar datanya betul-betul sinkron dan sama, dan akhirnya dapat menjadi alat navigasi bersama,” jelas Wiku pada keterangan persnya yang disiarkan melalui kanal YouTube BNPB Indonesia, 1 Desember 2020.

Pemerintah menginginkan agar semua data dapat diakses oleh setiap daerah secara real-time untuk melakukan penanganan Covid-19 yang semakin akurat. Memang, pengumpulan dan validasi data yang jumlahnya besar serta membutuhkan waktu dalam prosesnya. Untuk itu, pemerintah berusaha mempersiapkannya sedini mungkin agar siap ketika hendak digunakan.

Satgas Penanganan Covid-19 akan selalu berupaya memberikan informasi perkembangan terkini kepada masyarakat tentang proses peningkatan kualitas pencatatan, dan pelaporan data. Untuk itu, data yang akurat diperlukan agar tak terjadi miskomunikasi dalam penanganan Covid-19.

“Langkah ini merupakan upaya penyempurnaan, agar data yang dikumpulkan dapat konsisten dari waktu ke waktu, dan menjadi alat navigasi yang baik untuk kita selalu melihat perkembangan dan mengambil kebijakan yang tepat dan terukur,” ujar Wiku. (*) Evan Yulian Philaret

Editor: Rezkiana Np

Related Posts

News Update

Top News