Pemerintah Kucurkan Rp3,53 T untuk PON XX dan Peparnas XVI 2021 di Papua

Pemerintah Kucurkan Rp3,53 T untuk PON XX dan Peparnas XVI 2021 di Papua

Pemerintah Kucurkan Rp3,53 T untuk PON XX dan Peparnas XVI 2021 di Papua
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Jakarta – Pemerintah terus mendorong pelaksanaan PON XX dan Peparnas XVI yang berlokasi di Papua dengan menyediakan pembangunan infrastruktur. Kementerian Keuangan sendiri telah menyiapkan anggaran sebesar Rp3,53 triliun yang disalurkan kepada 8 kementerian/lembaga secara bertahap mulai 2018 sampai 2021.

Anggaran jumbo ini memang bertujuan untuk memfasilitasi percepatan dukungan teknis penganggaran yang diperlukan oleh kementerian/lembaga/daerah/instansi terkait. Selain itu, anggaran ini juga dipergunakan untuk mempercepat hibah barang milik negara (BMN) prasarana dan sarana pertandingan dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) kepada Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Papua.

“Dari Rp3.535,4 miliar dana APBN yang telah disebutkan sebelumnya, sebesar Rp1.747,8 miliar disalurkan kepada Kementerian PUPR untuk mendukung pembangunan beberapa sarana dan prasarana event atau Barang Milik Negara (BMN) diantaranya adalah pembangunan venue, jalan, sanitasi, drainase, dan prasarana lainnya,” jelas Direktur Anggaran Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Ditjen Anggaran Purwanto, pada keterangannya 8 Oktober 2021.

Adapun BMN yang rencananya akan dihibahkan Kementerian PUPR untuk kepada Pemerintah Daerah di Provinsi Papua yakni Arena aquatic, Istora Papua Bangkit, Arena Cricket, Hockey Indoor dan Outdoor, Kawasan Kampung Harapan, Kawasan Doyo Baru, Arena Sepatu Roda, Arena Panahan, Arena Dayung, Sistem Drainase Kabupaten Jayapura, dan Sanitasi. Nilai seluruh BMN dimaksud sebesar Rp1.350,67 miliar.

Pemerintah berharap penyelenggaraan PON XX Papua dan Peparnas XVI akan mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi Papua. Selain itu, pembangunan infrastruktur utama dan pendukung pada event tersebut diharapkan memberikan manfaat sosial ekonomi kepada masyarakat Papua dan sekitarnya, tidak hanya untuk pelaksanaan PON melainkan juga secara jangka panjang. (*)

 

Editor: Rezkiana Np

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita Pilihan

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]