Nasional

Pemerintah Bakal Naikan Bansos Pangan Nontunai jadi Rp150.000

Jakarta- Pemerintah meyetujui kenaikan besaran nilai Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) atau Kartu Sembako pada 2020 mendatang. Kenaikan bantuan untuk Keluarga Penerima Manfaat (KPM) tercatat sebesar Rp40.000 per bulan sehingga menjadi Rp150.000 setiap bulannya yang sebelumnya hanya Rp110.000.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Indonesia Muhajir Effendy menjelaskan, kenaikan itu guna menindaklanjuti intruksi Presiden Jokowi.

“Berdasarkan hasil rapat tadi InsyaAllah dari PMK akan melakukan arahan tersebut sesuai dengan jadwal yang sudah ditetapkan, sehingga awal Januari kami sudah mulai deliver bansos kepada masyarakat yang membutuhkan,” jelas Muhajir Effendy usai Rapat Koordinasi mengenai persiapan program kartu sembako 2020 yang digelar di Jakarta, Selasa 17 Desember 2019.

Ditemui dikesempatan yang sama, Menteri Sosial Juliari Batubara mengungkapkan pemerintah telah menyiapkan anggaran untuk bansos tersebut. Dirinya berharap, kenaikan bansos tersebut dapat untuk membeli tambahan bahan makanan berupa ikan, daging ayam, dan kacang-kacangan.

“Pertama, bulan Januari kita siap, Kemensos untuk menurunkan PKH (Program Keluarga Harapan) yang nilainya sekitar Rp 7 triliun dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) Rp 2 triliun. Mudah-mudahan tidak ada halangan,” kata Juliari.

Sebagai informasi berdasarkan nurut Kementerian Sosial ( Kemensos), jumlah penerima program BPNT mencapai 15,6 juta keluarga. Sedangkan, Program Keluarga Harapan ( PKH) akan kepada 10 juta keluarga penerima manfaat.

Suheriadi

Recent Posts

Pinhome Buka Jalan di Pasar Properti IKN, Berikut Sasarannya

Jakarta - Ibu Kota Nusantara (IKN) kini menjadi salah satu pusat perhatian. Pembangunan yang terus… Read More

6 hours ago

Penurunan Suku Bunga Diprediksi Berdampak Positif bagi KPR

Jakarta - Tren penurunan suku bunga yang terjadi akhir-akhir ini disambut baik oleh berbagai kalangan,… Read More

6 hours ago

Moratorium Fintech Lending Belum Dibuka, Begini Tanggapan AFTECH

Jakarta - Sejak awal 2020, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) melakukan moratorium atau penutupan perizinan untuk… Read More

7 hours ago

Istana Pastikan Jokowi Hadir di Acara Pelantikan Prabowo-Gibran

Jakarta - Istana memastikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menghadiri pelantikan Prabowo dan Gibran sebagai… Read More

9 hours ago

BTN Sabet Penghargaan Annual Report Award (ARA) 2023

Direktur Utama BTN Nixon LP Napitupulu memegang piala Annual Report Award (ARA) 2023 yang diraih… Read More

9 hours ago

Jokowi: Hilirisasi dan Digitalisasi jadi Kunci Pertumbuhan Ekonomi RI

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menilai, sikap optimisme diperlukan dalam rangka mencapai target peningkatan… Read More

9 hours ago