Moneter dan Fiskal

Pemerintah Ajak WNI di London Ikut Program Amnesti Pajak

London–Kementerian Keuangan bekerja sama dengan Kementerian BUMN, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Himpunan Bank-bank Milik Negara (Himbara) kembali melakukan sosialisasi Amnesti Pajak kepada Warga Negara Indonesia (WNI) yang bermukim di luar negeri.

Setelah sebelumnya dilakukan di Singapura dan Hongkong, kali ini kegiatan Indonesia Business Outlook mengambil lokasi di Millenium Hotels and Resorts London. Acara ini dihadiri oleh sekitar 100 orang Pengusaha dan Masyarakat Indonesia di London dan sekitarnya.

Dalam acara sosialisasi tersebut, Ketua Dewan Komisioner OJK, Muliaman D. Hadad menyampaikan tentang perkembangan perekonomian dan optimisme pertumbuhan ekonomi Indonesia yang lebih baik dibandingkan dengan negara emerging market lainnya. Sehingga dipandang, bahwa program Amnesti Pajak yang digulirkan pemerintah untuk menarik investasi di Indonesia sangatlah tepat waktunya.

“Program Amnesti Pajak adalah awal terbangunnya kebijakan perpajakan yang lebih sehat di Indonesia,” ujar Muliaman dalam keterangannya di London, Kamis, 8 September 2016.

Muliaman mengatakan, pemerintah akan melakukan perombakan menyeluruh dan menjadikan Indonesia sebagai negara yang lebih menarik di masa yang akan datang. Menurutnya, industri keuangan di Indonesia sangat siap sebagai gateway dan diyakini bahwa industri keuangan nasional bisa menjadi partner pengusaha untuk memanfaatkan peluang investasi yang ada di Indonesia.

Dalam acara Indonesia Business Outlook tersebut, mewakili Ketua Himbara, Susi Liestiowaty menambahkan, Himbara mendukung penuh dalam menyukseskan program Amnesti Pajak yang sedang berlangsung dan akan berakhir pada tanggal 31 Maret 2017. Himbara yang beranggotakan Bank BNI, BRI, Mandiri dan BTN dinyatakan siap menjadi mitra strategis baik untuk penyetoran uang tebusan maupun untuk repatriasi dana dan investasi di Indonesia.

Sementara itu, Duta Besar Repubik Indonesia untuk Inggris dan Irlandia, Rizal Sukma di tempat yang sama, mengajak seluruh peserta untuk memanfaatkan amnesti pajak dengan sebaik-baiknya dan ikut berperan serta dalam upaya mewujudkan apa yang sudah ditargetkan oleh pemerintah untuk pembangunan infrastruktur, peningkatan pertumbuhan ekonomi dan pembangunan Sumber Daya Manusia melalui program Amnesti Pajak.

Sebagai bentuk dukungan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) dan untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat di London dan sekitarnya untuk memanfaatkan Amnesti Pajak, KBRI di London membuka layanan perpajakan yang meliputi layanan e-registration untuk memperoleh NPWP, e-filing untuk pelaporan SPT Tahunan PPh, dan penerimaan surat pernyataan dan konsultasi Amnesti Pajak.

Di samping layanan tersebut, KBRI di London juga membuka layanan konsultasi melalui telepon di nomor +447455819489 dan juga melayani konsultasi melalui surat elektronik (email) di alamatamnestipajak.london@indonesianembassy.org.uk. (*)

 

 

Editor: Paulus Yoga

Rezkiana Nisaputra

Recent Posts

Jurus BPR Intidana Tekan Kenaikan NPL hingga Akhir 2024

Jakarta - Industri Bank Perekonomian Rakyat (BPR) dihadapkan sejumlah tantangan. Salah satunya adalah rasio non… Read More

1 hour ago

Menkop UKM Minta Rempah-rempah Jangan Lagi Diekspor Mentah

Jakarta -  Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Menkop UKM) Teten Masduki mengingatkan bahwa hasil-hasil… Read More

2 hours ago

Akhir Bankir Cap “Celengan Semar”

Oleh Eko B. Supriyanto, Chairman Infobank Media Group OMAR Abdalla, bankir senior, di era 1980-an,… Read More

4 hours ago

IHSG Dibuka pada Zona Hijau ke Level 7.524

Jakarta - Pada pembukaan perdagangan pagi ini pukul 9.00 WIB (14/10), Indeks Harga Saham Gabungan… Read More

4 hours ago

IHSG Diprediksi Bergerak pada Rentang 7.450-7.560, Sejumlah Hal Ini jadi Pendorongnya

Jakarta - Ajaib Sekuritas memprediksi Indeks harga saham gabungan (IHSG) secara teknikal diprediksi bergerak variatif… Read More

4 hours ago

UMKM, Good Agriculture Practice dan Asuransi Kegagalan Panen

Oleh Babay Parid Wazdi, Dirut Bank SUMUT dan Pemerhati UMKM PETANI merupakan bagian terbesar dari… Read More

4 hours ago