Netizen 62

Pembelian Motor Listrik Dibatalkan, Tapi Bunga Tagihan Tetap Berjalan

Jakarta – Tergiur membeli unit motor listrik subsidi melalui aplikasi marketplace, customer atas nama Dondon Ramdani asal Kota Bandar Lampung, Lampung harus menanggung bunga tagihan meski transaksi pembelian sudah dibatalkan.

Melansir laman mediakonsumen, Senin 19 Juni 2023, kami posting ulang kronologis yang dialaminya.

Saya berniat mau beli motor subsidi yang ditawarkan melalui aplikasi Shopee, karena saya pikir harganya murah. Menurut informasi dari penjual, motor akan dikirim setelah ada persetujuan dari pemerintah. Lalu saya pun mengisi berkas yang diminta oleh penjual sebagai persyaratannya.

Tidak panjang lebar, lalu saya beli dengan cara dicicil melalui SPayLater selama 24 bulan. Karena persyaratan dari penjual, barang harus dibeli dahulu, agar ada nota pembelian sebagai salah satu syarat pengajuan subsidi.

Selang beberapa hari, ada notifikasi bahwa barang sedang dikirim. Saya kaget dong, apakah berkas saya sudah disetujui? Saya tanya ke penjual “Apa benar motor saya sedang dikirim?”. 

Penjual menjawab “Yang dikirim bukan motor, melainkan nota bukti pembelian motor. Untuk motor itu sendiri akan dikirim apabila sudah disetujui oleh pemerintah.” katanya, waktu menunggunya bisa 3 sampai 7 bulan.

Lalu, saya menanyakan apa ada biaya-biaya lain apabila sudah disetujui. Kata penjual ada, biaya pengiriman barang, biaya administrasi dll. Dari situ saya gak setuju, karena ga ada informasi yang tercantum di iklan penjualan. Lalu saya mengajukan pengembalian barang dan dipersilakan oleh penjual.

Namun, masalahnya setelah pengembalian selesai, di aplikasi Shopee ada tagihan atas bunga pembelian barang yang gak jadi tersebut, selama 24 bulan dan jumlahnya mencapai Rp1 juta lebih. Saya kaget, mengapa bisa? Soalnya barangnya gak jadi saya beli.

Saya tanya ke pihak Shopee beberapa kali, jawabannya tetap sama, yaitu tagihan sudah sesuai. Saya bingung harus dibayar apa tidak, jika tidak dibayar nama saya jelek, jika dibayar alangkah banyaknya. 

Uang segitu bagi saya lumayan banyak, berhubung pekerjaan saya yang hanya bergaji pas-pasan. Semoga dari surat pembaca yang disediakan oleh Media Konsumen ini ada jalan terang bagi saya. Terima kasih.

Dondon Ramdani
Kota Bandar Lampung, Lampung

Muhamad Ibrahim

Recent Posts

Kembali Dipercaya Pemerintah, Mandiri Sekuritas Terbitkan Obligasi Ritel Indonesia ORI026

Jakarta - PT Mandiri Sekuritas menyampaikan bahwa pihaknya kembali dipercaya oleh Kementerian Keuangan RI untuk… Read More

46 mins ago

Setahun Meluncur, OJK Bakal Perkuat Regulasi Pengawasan Bursa Karbon

Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyampaikan bahwa saat ini sedang berfokus untuk melakukan penguatan… Read More

1 hour ago

Dukung Keuangan Berkelanjutan, CIMB Niaga Gelar The Cooler Earth Sustainability Series 2024

Jakarta - Industri perbankan Indonesia saat ini telah memulai langkah positif untuk mendukung suistanability finance.… Read More

2 hours ago

Di CAEXPO 2024, Indonesia Catat Transaksi hingga Rp479 Miliar

Jakarta - Indonesia berhasil mencatatkan potensi transaksi sebesar Rp479 miliar dalam ajang China-ASEAN Expo (CAEXPO)… Read More

2 hours ago

BI Beri Sinyal Bakal Pangkas Suku Bunga Acuan di Akhir 2024

Jakarta - Bank Indonesia (BI) memberikan sinyal untuk membuka ruang pemangkasan suku bunga acuan atau… Read More

3 hours ago

Jadi Ancaman UMKM, Aplikasi TEMU Dilarang Masuk ke RI

Jakarta – Aplikasi TEMU belakangan ramai diperbincangkan lantaran dikabarkan akan masuk ke Indonesia. Sebab, hal… Read More

3 hours ago