Pelindo III, Top 35 Dalam Inovasi Pelayanan

Pelindo III, Top 35 Dalam Inovasi Pelayanan

Jakarta – PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) (Pelindo III) meraih penghargaan Top 35 Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2016 pada ajang yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB). Wakil Presiden Jusuf Kalla didampingi oleh Menteri PAN-RB Yuddy Chrisnandi memberikan langsung penghargaan tersebut kepada Pelindo III. Penghargaan diterima langsung oleh Direktur Keuangan Saefudin Noer pada acara Rakornas Kepegawaian di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis 26 Mei 2016.

Penghargaan tersebut diberikan atas prestasi Pelindo III dalam mengelola Terminal Gapura Surya Nusantara (GSN), Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Jawa Timur, sehingga dapat menjadi pionir modernisasi terminal penumpang kapal laut di Indonesia.

Asdep Perumusan Kebijakan Inovasi dan Sistem Informasi Pelayanan Publik Kementerian PANRB, Muhammad Imanuddin, pada keterangan tertulisnya menjelaskan, kompetisi inovasi tersebut merupakan wujud dari Program One Agency, One Innovation yang mewajibkan kementerian, lembaga, pemerintah provinsi dan kabupaten/kota, serta BUMN/BUMD untuk menciptakan minimal satu inovasi pelayanan publik pada setiap tahunnya. Kompetisi serupa juga digelar secara international oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), yaitu United Nation Public Services Award (UNPSA). Dalam daftar peraih penghargaan Top 35 itu terdapat 3 kementerian, 2 lembaga, 8 provinsi, 14 kabupaten, 5 kota, 3 BUMN/BUMD. Pada penyelenggaraan tahun ini menjadi tahun yang pertama untuk keikutsertaan BUMN/BUMD.

Saefudin Noer mengungkapkan rasa terima kasihnya atas penghargaan yang diterima oleh Pelindo III tersebut. “Apresiasi ini semakin mendorong Pelindo III untuk lebih mengoptimalkan lagi pelayanan yang diberikan. Tidak hanya kepada para pengguna jasa logistik, tetapi juga pada masyarakat penumpang kapal laut yang berangkat dan tiba di pelabuhan-pelabuhan yang dikelola Pelindo III,” ujarnya.

Inovasi Pelindo III, lanjut Saefudin,  menjadikan Terminal GSN sebagai terminal penumpang kapal laut pertama di Indonesia yang memiliki fasilitas garbarata dan juga ruang tunggu yang senyaman lounge pada bandara-bandara utama di Indonesia. Dengan fasilitas tersebut, Terminal GSN juga sudah rutin menerima kunjungan turis kapal pesiar internasional yang sandar di Pelabuhan Tanjung

Pelindo III juga mengoptimalkan infrastruktur kepelabuhannya itu (Terminal GSN) untuk penyelenggaraan kegiatan pariwisata maritim yang disebut Surabaya North Quay. “Kini warga Surabaya memiliki destinasi wisata baru untuk menikmati pemandangan sunset perairan Selat Madura. Sekaligus juga menjadi wahana edukasi potensi maritim bagi warga. Karena dapat melihat langsung dengan aman, kesibukan aktivitas logistik di Pelabuhan Tanjung Perak sebagai gerbang perekonomian untuk kawasan timur Nusantara,” tandasnya.(*)

Related Posts

News Update

Top News