Pekan Kedua Oktober 2017, BI Catat Inflasi 0,08%

Pekan Kedua Oktober 2017, BI Catat Inflasi 0,08%

Poros Pertumbuhan: Perry, Jokowi dan Wimboh
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Jakarta – Berdasarkan Survei Pemantauan Harga (SPH) yang dilakukan Bank Indonesia (BI) hingga pekan kedua bulan Oktober 2017 Indeks Harga Konsumen (IHK) menunjukkan inflasi sebesar 0,08 persen atau masih terkendali.

Demikian pernyataan tersebut seperti disampaikan oleh Deputi Gubernur Senior BI Mirza Adityaswara, di Jakarta, Jumat, 20 Oktober 2017. Dengan inflasi 0,08 persen itu, maka secara tahunan tingkat inflasi berada pada kisaran 3,6-3,7 persen.

Dia mengungkapkan, bahwa sejauh ini laju inflasi masih sesuai dengan ekspektasi. “Pada Agustus 2017, BI mengatakan bahwa BI mempunyai ruang penurunan suku bunga, karena kami yakin inflasi terkontrol bisa di bawah 4 persen,” ujarnya.

Baca juga : Pacu Kredit BI Minta Bank Percepat Konsolidasi

Saat ini, kata dia, laju inflasi hingga akhir 2017 menuju ke arah penurunan di kisaran 3,8-3,7. “Sampai minggu kedua yang 0,08 persen secara month-to-month itu, berrati secara year-on-year masih sesuai dengan BI,” ucap Mirza.

Terkendalinya inflasi belakangan ini terutama disumbang oleh tren menurun inflasi inti seiring terjangkarnya ekspektasi inflasi, rendahnya harga impor dan terbatasnya konsumsi. Inflasi volatile foods juga terjaga didukung oleh perbaikan sisi pasokan, dan dampak positif berbagai kebijakan pemerintah.

Ke depan, BI akan terus memperkuat koordinasi kebijakan bersama Pemerintah Pusat dan Daerah dalam rangka pengendalian inflasi, agar tetap berada dalam kisaran sasaran, 4 persen plus minus 1 persen di 2017 serta sekitar 3,5 persen plus minus 1 persen di 2018 dan 2019. (*)

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita Pilihan

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]