Pegadaian Siapkan Uji Coba Bullion Bank

Pegadaian Siapkan Uji Coba Bullion Bank

RUPS Pegadaian
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Jakarta – PT Pegadaian tengah menyiapkan uji coba Bank Bullion atau bank emas di Indonesia. Di akhir 2022 Pegadaian sudah mulai menyalurkan Bullion Service dengan perusahaan maupun industri emas dalam rangka membangun Bank Bullion kedepan.

Ferdian Timur Satyagraha Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko PT Pegadaian mengatakan, di tahun 2023 pihaknya melihat potensi untuk membangun Bank Bullion dalam mengembangkan bisnis.

“Di 2022 akhir ini kami mulai menyalurkan Bullion Service yaitu, kami sudah menyalurkan dengan perusahaan-perusahaan maupun industri emas dalam rangka untuk membangun rencana kami kedepan sebagai Bullion Bank,” ujar Ferdian, di Jakarta, Kamis, 10 November 2022.

Lanjutnya, ada tiga produk Bullion Service yang sedang di uji coba yaitu, Dore Bullion, Gold Metal Loans, dan Unallocated Metal Account yang mekanismenya sedang berproses kepada Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

“Kita lagi piloting ke beberapa industri emas, jadi ada tiga jenis produk yaitu Dore Bullion produk yang diberikan pas emas belum jadi, Gold Metal Loans emas ditukar dengan emas jadi mereka yang membutuhkan emas kita pinjami emas, satu lagi Unallocated Metal Account jadi nanti tabungan emas itu bisa seperti deposito jadi dapet yield atau bunga,” jelasnya.

Selain itu, PT Pegadaian menargetkan di tahun 2023 Out Standing Loan (OSL) pegadaian akan tumbuh 16%, ditopang secara seimbang oleh produk gadai dan non gadai.

“Digerakan seimbang oleh gadai dengan produk emas dan non gadai dengan produk kurs syariah, bisnis dan holding. Tapi emas yang akan kita optimalisasi karena tren harga emas mungkin potensinya akan naik di tahun depan. Secara nominal gadai emas memang masih tinggi kontrinbusinya, tapi secara growth non gadai mulai tumbuh tinggi juga,” pungkas Ferdian. (*)

Editor: Rezkiana Nisaputra

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita Pilihan

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]