Peduli Perkembangan Anak, Askrindo dan KPAI Gelar Sosialisasi UU Perlindungan Anak

Peduli Perkembangan Anak, Askrindo dan KPAI Gelar Sosialisasi UU Perlindungan Anak

Peduli Perkembangan Anak, Askrindo dan KPAI Gelar Sosialisasi UU Perlindungan Anak
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Lampung – PT Askrindo bekerjasama dengan Komnas Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) dan PAUD Institute, menggelar Sosialisasi Undang-Undang Perlindungan Anak di kabupaten Lampung Tengah yang diikuti 240 peserta yang terdiri dari tenaga pendidik PAUD, SD dan SMP, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, kemudian kegiatan Pelatihan Guru PAUD seProvinsi Lampung yang diikuti 235 Guru PAUD, serta memberikan Mobil Literasi (Mobil Pintar) kepada PAUD Lampung Tengah.

Pada kegiatan Sosialisasi UU Perlindungan Anak, Askrindo menghadirkan Ketua Komisi Nasional Anak (Komnas Anak) RI, Arist Merdeka Sirait. Menurut Arist, masyarakat perlu mengetahui Undang-undang tentang perlindungan anak karena saat ini tindak kekerasan terhadap anak secara Nasional sangat tinggi apalagi kebanyakan pelaku adalah orang terdekat. Arist berharap, ada sanksi-sanksi sosial yang diberlakukan di tengah-tengah masyarakat terhadap pelaku kekerasan tersebut.

“Di sini penting adanya komitmen dan peran serta masyarakat yang dimulai dari lingkungan keluarga, juga sekolah, kemudian di tingkat dusun dan kampung dengan adanya peraturan dari desa terhadap tindak kekerasan terhadap anak,” jelas Arist dikutip di Jakarta.

Kun Wahyu Wardana, Direktur Kepatuhan, SDM dan Manajemen Risiko Askrindo, mengatakan, Askrindo sangat concern terhadap pendidikan dan perkembangan anak. Angka kekerasan terhadap anak-anak menurut Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPPPA) disebut meningkat, sehingga kedepannya Askrindo terdorong untuk terus melakukan sosialisasi UU Perlindungan Anak ke wilayah-wilayah di Indonesia.

“Dalam beberapa tahun terakhir, kami bersama Komnas Anak fokus dalam hal melakukan sosialisasi Undang-undang perlindungan anak. Hal ini dimaksudkan dalam upaya mencegah potensi kekerasan, eksploitasi dan diskriminasi anak yang ada di Indonesia. Selain terus melakukan sosialisasi UU Perlindungan Anak, sejak tahun 2015, Askrindo konsisten memberikan kepeduliannya kepada anak-anak melalui program Askrindo Pintar. Dalam rangka meningkatkan kompetensi, Askrindo juga memberikan pelatihan kepada guru-guru PAUD di Lampung Tengah ini, agar mendapat wawasan yang lebih tepat terkait perkembangan anak,” ujar Kun.

Dalam rangkaian kegiatan yang sama, dihari terakhir Askrindo memberikan 1 unit Mobil Literasi (Mobil Pintar) kepada PAUD wilayah Lampung Tengah yang disaksikan Bupati Lampung Tengah. Pemberian Mobil Pintar di Lampung Tengah ini melengkapi 23 Mobil Pintar Askrindo yang sudah ada sebelumnya dan tersebar di seluruh Indonesia dari Sabang sampai Merauke. Bupati Lampung Tengah, Musa Ahmad, mengucapkan terima kasih kepada Askrindo yang telah memberikan 1 unit mobil literasi untuk Provinsi Lampung khususnya lampung Tengah dan telah membantu  pemerintah daerah untuk dapat memberikan layanan pendidikan terbaik untuk anak- anak.

“Kami mengapresiasi kepada semua pihak yang turut berperan dalam upaya membangun komitmen bersama dalam memberikan dan memperhatikan pendidikan anak-anak khususnya Lampung Tengah,” terangnya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]