Politic

PDIP Buka Suara Terkait Kriteria Cawapres Ganjar Pranowo

Jakarta – Setelah Ganjar Pranowo dideklarasikan sebagai calon presiden (capres) dari PDI Perjuangan (PDIP), kini mencuat sejumlah nama bakal calon wakil presiden (cawapres) yang bakal mendampinginya di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Nama-nama yang mencuat di antaranya ada Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Menko Polhukam Mahfud MD, hingga Menteri BUMN Erick Thohir.

PDIP sendiri hingga saat ini, belum berbicara terkait cawapres potensial yang bakal mendampingi Ganjar Pranowo. Namun, Sekretaris Jendral PDIP Hasto Kristiyanto telah memberikan kisi-kisi kriteria cawapres Ganjar Pranowo di Pilpres 2024.

“Antara capres dan cawapres harus saling melengkapi seperti dimulai dari Bung Karno dan Bung Hatta. Zaman Bung Karno dan Bung Hatta dulu merupakan dwi tunggal yang tak tergantikan. Kita melihat chemistry saling melengkapi,” kata Hasto dikutip Jumat, 28 April 2023.

Baca juga: Prabowo Beberkan Kriteria Cawapres yang Bakal Dampingi di Pilpres 2024

Selain itu, Hasto mencontohkan ketika Megawati Soekarnoputri berduet dengan Hamzah Haz dari PPP ketika keduanya menjadi presiden dan wakil presiden periode 2001-2004. Menurut Hasto, mereka menunjukkan satu kesatuan kepemimpinan.

“Beliau (Megawati) sempat berpesan kepada Hamzah agar memberikan kode-kode bila ada yang kurang sebelum mengambil keputusan dalam sidang. Ini menunjukkan satu kesatuan dalam kepemimpinan,” ungkap Hasto.

Dia menjelaskan, wakil presiden adalah pembantu presiden sebagai kepala negara dan kepala pemerintahan karena perannya sangat penting. Oleh karenanya, kesatupaduan pimpinan ini sangat penting dalam memimpin negara. “Perannya (wapres) sangat penting. Untuk itulah, kesatupaduan ini sangat penting,” kata Hasto.

Baca juga: Diisukan jadi Cawapres Ganjar, Ini Kata Sandiaga Uno

Saat ini, banyak isu yang berkembang terkait dengan cawapres Ganjar Pranowo. Yang paling mencolok adalah sosok Sandiaga Uno. Dia digadang-gadang akan bakal disandingkan dengan Ganjar Pranowo.

Isu ini berkembang setelah Sandiaga hengkang dari Partai Gerindra dan kabarnya segera merapat ke PPP. Partai berlambang ka’bah tersebut juga telah mengumumkan akan mendukung Ganjar Pranowo di Pilpres 2024. (*)

Galih Pratama

Recent Posts

AAUI Ungkap Peluang Usaha Menjanjikan di Era Prabowo-Gibran, Ini Daftarnya

Jakarta - Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) memproyeksikan sejumlah peluang usaha asuransi umum yang memiliki… Read More

8 hours ago

HBAP Kantongi Pinjaman Rp19,24 Trliun dari Bank Mandiri, untuk Apa?

Jakarta - Dalam mendukung pemerataan dan pemenuhan kebutuhan listrik nasional, Bank Mandiri jalin kemitraan strategis… Read More

8 hours ago

United Tractors (UNTR) Mau Bagikan Dividen Interim Rp2,42 Triliun, Simak Jadwalnya

Jakarta - PT United Tractors Tbk (UNTR) sebagai emiten distributor alat berat mengumumkan akan melakukan… Read More

9 hours ago

Viral, Sejumlah Kadin Provinsi Serempak Bikin Konten Tolak Munaslub

Jakarta – Perseteruan di tubuh Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia semakin memanas. Setelah Musyawarah… Read More

9 hours ago

Soal Modal Asuransi Naik di 2026, Ketua AAUI Wanti-wanti Hal Ini

Jakarta - Industri asuransi umum diwajibkan menaikkan ekuitas atau modal minimum pada 2026 mendatang. Hal… Read More

9 hours ago

LPS Pertahankan Tingkat Bunga Penjaminan Demi Menjaga Stabilitas Sistem Perbankan

Ketua Dewan Komisioner LPS Purbaya Yudhi Sadewa tengah menyampaikan keterangansaat konferensi pers terkait penetapan Tingkat… Read More

9 hours ago