Internasional

Pasca 6 Tahun Bersitegang, UEA-Qatar Buka Kembali Kedutaan

Jakarta – Uni Emirat Arab (UEA) dan Qatar secara resmi mengumumkan pembukaan kembali kedutaan besar masing-masing setelah enam tahun bersitegang dan memutuskan hubungan diplomatik, pada Senin (19/6).

Dinukil laman Arab News, kedua negara telah mengeluarkan pernyataan bahwa Kedutaan Besar Qatar di Abu Dhabi dan Konsulat Qatar di Dubai, dan juga Kedutaan Besar UEA di ibu kota Qatar, Doha, telah kembali beroperasi. 

“Pemulihan hubungan mewakili keinginan para pemimpin kedua negara untuk memperkuat kolaborasi bersama Arab dan mencapai aspirasi kedua bangsa,” tulis pernyataan Kementerian Luar Negeri Qatar.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri UEA Sheikh Abdullah bin Zayed Al-Nahyan dan Perdana Menteri Qatar Sheikh Mohammed bin Abdulrahman Al-Thani telah berbicara melalui telepon untuk saling memberi selamat atas dibukanya kembali misi diplomatik kedua negara. 

Kedua pejabat saling memuji normalisasi hubungan diplomatik sebagai pertanda tahap baru kerja sama dan kemitraan yang menegaskan hubungan yang mengakar kuat.

UEA, Arab Saudi, Bahrain, dan Mesir pada 2017 memberlakukan blokade diplomatik terhadap Qatar. Ini dilakukan karena menilai Qatar mendukung organisasi ekstremis dan terlampau dekat dengan Iran. Namun, Qatar dengan keras membantah semua tuduhan itu.

Namun pada Januari 2021, boikot tersebut secara resmi dicabut. Akhir tahun 2021, Qatar menyambut para pemimpin tamu dari Arab Saudi, Mesir, dan UEA saat menjadi tuan rumah Piala Dunia FIFA.

Turki, yang mendukung Qatar selama krisis, sejak itu telah memperbaiki hubungan dengan negara-negara Teluk saingannya, termasuk UEA dan Arab Saudi. (*)

Editor: Rezkiana Nisaputra

Muhamad Ibrahim

Recent Posts

Apa Kabar Anti Scam Center? Ini Jawaban OJK

Balikpapan – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengungkap alasan ‘molornya’ peluncuran Anti Scam Center (ASC) sebagai… Read More

30 mins ago

Awal Oktober 2024, Aliran Modal Asing Rp570 Miliar Masuk RI

Jakarta – Bank Indonesia (BI) mencatat di awal pekan Oktober 2024, aliran modal asing masuk atau capital… Read More

38 mins ago

Duh! Marak Anak Muda Nunggak Paylater hingga Sulit Akses KPR dan Dapat Kerja, Ini Pesan OJK

Balikpapan - Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Usaha Jasa Keuangan, Edukasi dan Perlindungan Konsumen Otoritas Jasa… Read More

3 hours ago

Bibit Edukasi Publik Soal Pasar Modal Lewat Art Jakarta 2024

Jakarta - PT Bibit Tumbuh Bersama (Bibit.id) ikut berpartisipasi dalam Art Jakarta 2024 yang diadakan… Read More

16 hours ago

Jadi Official Banking, Bank Saqu Hadirkan Beragam Hiburan dengan Edukasi Keuangan di Synchronize Festival 2024

Jakarta - Bank Saqu, layanan perbankan digital dari PT Bank Jasa Jakarta menegaskan komitmen untuk… Read More

16 hours ago

Prudential Syariah Luncurkan PRUCritical Amanah, Intip Tiga Manfaat Utamanya

Jakarta – PT Prudential Sharia Life Assurance (Prudential Syariah) meluncurkan produk teranyar yakni PRUCritical Amanah. Asuransi… Read More

16 hours ago