Pasar Modal Syariah Berperan Kembangkan Ekonomi Syariah

Pasar Modal Syariah Berperan Kembangkan Ekonomi Syariah

Pasar Modal Syariah Berperan Kembangkan Ekonomi Syariah
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Jakarta – Keberadaan pasar modal syariah sangat penting dalam pengembangan ekonomi dan keuangan syariah.

Hal itu disampaikan oleh Friderica Widyasari, Direktur Utama BRI Sekuritas dalam seminar nasional “Islamic Finance Summit 2021: Driving The Growth of The Halal Industry in The New Normal Ekonomi”, yang diselenggarakan Infobank bekerja sama dengan MES, Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS), Bank Indonesia (BI), Otoritas Jasa Keuangan (OJK), dan Tokoh Syariah, di Yogyakarta, Kamis , 30 September 2021.

Friderica menjelaskan, tentang pasar modal syariah yang menjadi salah satu fokus dalam strategi penguatan keuangan syariah.

“Mengapa pasar modal penting, karena tujuan utama keberadaan pasar modal adalah sangat mulia, yaitu pemerataan kesejahteraan masyakarat. Pasar modal membuat masyarakat ikut serta dalam kemajuan atau peningkatan value dari suatu perusahaan melalui mekanisme pasar modal,” ujarnya.

Ia menambahkan, pasar modal menjadi akselerator pertumbuhan ekonomi Indonesia, dalam arti peningkatan supply dan demand. Supply adalah semakin banyak perusahaan yang menawarkan sahamnya di bursa, kemudian demand adalah semakin banyak investor yang menginvestasikan uangnya di pasar modal Indonesia.

Selain itu, setelah mendapat fatwa No. 80 dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) tahun 2011, bahwa mekanisme perdagangan efek di pasar reguler bursa efek Indonesia sudah sesuai dengan prinsip syariah, membentuk Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI), dan meningkatkan literiasi, sejak itu pertumbuhan pasar modal sangat luar biasa.

“Prinsip-prinsip syariah memang menjadi konsern masyarakat kita sebelum investasi di pasar modal. Dan, mekanisme investasi di pasar modal Indonesia sudah sesuai dengan kaidah syariah, dalam hal ini adalah Bai’ al-Musawamah,” ucapnya. (*) Ayu Utami

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita Pilihan

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]