Categories: Nasional

Pariwisata Dorong Ekonomi Mikro Cirebon

Cirebon–Tradisi Maulid Nabi atau memperingati hari lahir Nabi Muhamad ternyata bukan sekedar ritual yang diperingati rutin setiap tahun. Di Cirebon, tradisi ini ternyata mampu menggerakkan perekonomian mikro di wilayah ini. Apalagi tahun ini terbilang istimewa lantaran perayan Maulid Nabi digelar dua kali dalam satu tahun.

“Dalam perayaan tersebut ada sekitar 600 sampai 1.000 pedagang besar dan kecil yang ikut berpartisipasi di lingkungan keraton kasepuhan Cirebon,” jelas Sultan Cirebon, Arif Natadiningrat.

Dalam perayaan tersebut, biasanya masyarakat tidak hanya datang dari sekitar Keraton Kasepuhan tapi juga berbagai desa dibsekitar keraton. Pengunjung biasanya mencapai 10.000 pengunjung. Bahkan pada acara puncak, jumlah pengunjung bisa mencapai 100.000 hingga 150.000 pengunjung.

“Kalau rata-rata satu orang pengunjung mengekuarkan Rp100.000 untuk makan maka omset dari perayaan ini bisa Rp20 milliar. Hal ini tentu menjadi potensi ekonomi mikro bagi  wilayah ini,” imbuh Arif.

Menurut Arif, tradisi Maulid hanya satu dari sekian banyak potensi ekonomi mikto yang bisa dinikmati para pengusaha mikro di wilayah Cirebon. Di wilayah ini, jumlah pengusaha mikro pun relatif banyak. Hal ini pula yang membuat ketergantungan ke usaha mikro tinggi.

“Karenanya butuh dukungan dari perbankan agar pengusaha dan potensi ekonomi mikro bisa terus berkembang,” pungkasnya.(*) Novita Adi Wibawanti

Apriyani

Recent Posts

Pergerakan Bitcoin Pekan Ini bakal Dipengaruhi oleh 2 Sentimen Berikut

Jakarta - Pasar aset kripto, Bitcoin mengalami lonjakan harga pada perdagangan Senin, 21 Oktober 2024,… Read More

5 mins ago

Pengguna Livin’ by Mandiri Tembus 27,5 Juta, Mayoritas Milenial dan Gen Z

Jakarta – PT Bank Mandiri (Persero) Tbk atau Bank Mandiri mengungkapkan pengguna Livin’ by Mandiri… Read More

11 mins ago

Risiko Pencurian Data Pribadi, Danamon Imbau Nasabah Hindari Praktik Gestun

Jakarta – PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Danamon) mengimbau kepada nasabah untuk menghindari praktik ilegal gesek tunai… Read More

13 mins ago

BCA Syariah Kerja Sama RDN Online

Presiden Direktur BCA Syariah Yuli Melati Suryaningrum tengah memberi sambutan saat acara Simplifikasi Pembukaan Rekening… Read More

27 mins ago

Kinerja Cemerlang, Bank Sulteng Sabet Penghargaan Top Bank 2024 Versi The Finance

Jakarta - PT Bank Pembangunan Daerah Sulawesi Tengah atau Bank Sulteng berhasil meraih penghargaan di… Read More

2 hours ago

IHSG Dibuka Flat Cenderung Terkoreksi ke Level 7.790

Jakarta - Pada pembukaan perdagangan pagi ini pukul 9.00 WIB (23/10) Indeks Harga Saham Gabungan… Read More

3 hours ago