News Update

Pandemi Covid-19, Kepercayaan Menabung di Bank Masih Tinggi

Jakarta – Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) memastikan kepercayaan masyarakat terhadap menabung di perbankan masih kuat meskipun adanya dampak pelemahan ekonomi akibat pandemi virus corona (COVID-19).

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Dewan Komisioner LPS Halim Alamsyah dalam rapat kerja virtual bersama dengan Komisi XI DPR (6/4). Halim menjelaskan, berdasarkan data hingga saat ini tingkat penjaminan LPS terpantau stabil.

“Sejauh ini tingkat kepercayaan masyarakat untuk menabung di bank dari beberapa indikator masih cukup tinggi selain tercermin dari cakupan penjaminan dari 99,1%,” jelas Halim di Jakarta, Senin 6 April 2020.

LPS, kata dia, telah menjamin jumlah rekening sebesar 99,91% dari total rekening atau setara dengan 304 juta rekening. Sementara secara nominal jumlah simpanan yang dijamin mencapai 56,5% dengan rata-rata nilai DPK di atas Rp2 miliar.

“Konteks data bank sebagai peserta penjaminan sekarang ada 110 bank umum bank peserta bank penjaminan dan 1.700 BPR,” tambah Halim.

Menurutnya, sejak awal berdiri hingga saat ini LPS telah melikuidasi 102 bank, salah satunya bank umum. Ia menyebut, dengan kemampuan aset keuangan Rp127 triliun diperkirakan masih mampu menyelesaikan permasalahan 1 bank besar, 1 bank menengah, dan 5 bank perkreditan rakyat dalam kondisi normal.

Sebagai informasi saja, berdasarkan data uang beredar Bank Indonesia (BI) jumlah Penghimpunan Dana Pihak Ketiga (DPK) pada Februari 2020 tercatat sebesar Rp5.806,9 triliun, atau masih tumbuh 7,5% (yoy), lebih tinggi dibandingkan bulan sebelumnya sebesar 6,6% (yoy).

Peningkatan DPK pada Februari 2020 didorong oleh kenaikan seluruh jenis simpanannya baik giro, tabungan, maupun simpanan berjangka. Berdasarkan golongan nasabah, peningkatan DPK terjadi baik pada golongan nasabah perorangan maupun korporasi. (*)

Editor: Rezkiana Np

Suheriadi

Recent Posts

Ramai Fenomena Makan Tabungan, Permata Bank Santai Transaksi Nasabahnya Aman

Jakarta – Fenomena ‘makan tabungan’ alias mantab masih membayangi warga kelas menengah di Tanah Air.… Read More

10 hours ago

Meski Mirip, Ini Perbedaan Produk Investasi ETF dan Reksa Dana

Jakarta - Dalam dunia investasi terdapat beberapa pilihan instrumen yang dapat dipilih oleh para investor… Read More

13 hours ago

Gandeng UGM, KemenkopUKM Dampingi UMKM Naik Kelas

Jakarta- Kementerian Koperasi dan UKM (KemenkopUKM) berkolaborasi dengan Universitas Gajah Mada (UGM) melakukan pendampingan usaha… Read More

13 hours ago

Perluas Akses Perlindungan, Prudential Indonesia Jalin Kemitraan dengan Rumah Sakit Vertikal Kemenkes

Jakarta – PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) terus memperkuat komitmen perlindungan nasabah dengan menghadirkan inovasi layanan, termasuk… Read More

13 hours ago

Ketua Umum AAUI Beberkan Penyebab Rendahnya Penetrasi Asuransi

Bali - Industri asuransi di Indonesia secara konsisten menunjukkan pertumbuhan dari tahun ke tahun. Di… Read More

13 hours ago

Kelolaan Aset Wealth Management BRI Capai Rp239,6 Triliun per Agustus 2024

Jakarta – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk melalui bisnis Wealth Management berhasil membukukan aset yang dikelola… Read More

14 hours ago