News Update

Pameran KKI Hasilkan Komiten Pembiayaan UMKM Rp4,71 Miliar

Jakarta – Pameran Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2020 seri II yang digelar pada 7 hingga 9 Oktober 2020 lalu berhasil mempertemukan 18 UMKM dengan 4 lembaga keuangan melalui one on one meeting business matching dengan nilai komitmen pembiayaan sebesar Rp4,71 miliar.

Selain business matchingbusiness coaching juga diselenggarakan guna meningkatkan kapasitas UMKM agar terhubung dengan ekosistem digital (onboarding), ekspor, dan terkait perlindungan konsumen, dengan jumlah peserta dan partisipan sebanyak +816 orang.

“Selama Pameran KKI Seri II, omzet penjualan produk UMKM yang terdiri dari kain, kerajinan, makanan dan minuman tercatat sebesar Rp3,79 miliar. Jika dijumlahkan, omzet penjualan UMKM dari Pameran KKI seri I dan II adalah sebesar Rp8,65 miliar,” kata Kepala Departemen Komunikasi Bank Indonesia (BI) Onny Widjanarko melalui keterangan resminya di Jakarta, Senin 12 Oktober 2020.

Mengangkat tema “Sinergi untuk UMKM Digital”, penyelenggaraan Pameran KKI Seri II merupakan hasil sinergi BI dengan berbagai pihak terkait. Kegiatan ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman antara BI dengan DEKRANAS, penyelenggaraan joint event antara BI, Kemnaker, OJK, dan idEA pada webinar “Peningkatan Produktivitas Melalui Digitalisasi UMKM”, serta Pagelaran Karya Kreatif bertema Glamorous Ready to Wear.

Diselenggarakan secara virtual, jumlah pengunjung Pameran KKI di berbagai kanal (Zoom, Platform KKI, Youtube, Instagram, dan Facebook), baik untuk menyaksikan kegiatan aktivasi, maupun pameran, mencapai 24.608 orang. Jika dijumlahkan dengan seri I maka total pengunjung sebanyak 53.153 orang.

Pameran KKI merupakan rangkaian event tahunan yang menampilkan produk-produk UMKM Binaan BI, dengan bersinergi bersama Kementerian/Lembaga dalam pengembangan UMKM. BI akan kembali menggelar Pameran KKI Seri III

“Sinergi UMKM untuk Sahabat Milenial” di bulan November 2020. Dalam hal masyarakat ingin melihat produk UMKM Binaan BI, BI tetap menyediakan menu katalog pada website KKI www.karyakreatifindonesia.co.id. Ke depan, BI akan selalu berkomitmen untuk terus mengembangkan UMKM agar dapat menjadi tulang punggung perekonomian daerah dan nasional, serta bersinergi dengan berbagai kementerian dan lembaga. (*)

Editor: Rezkiana NP

Suheriadi

Recent Posts

Retreat Kabinet di Magelang, PLN Sukses Amankan Listrik Berlapis

Jakarta - PT PLN (Persero) turut menyukseskan rangkaian Retreat Kabinet Merah Putih yang diinisiasi oleh… Read More

50 seconds ago

Bank Jago Perkuat Literasi Keuangan Ibu dan Anak Lewat Program Jagoan Baca

Jakarta – PT Bank Jago Tbk kembali berkomitmen dalam meningkatkan literasi keuangan di Indonesia, kali… Read More

2 hours ago

IHSG Sepekan Turun 0,84 Persen, Kapitalisasi Pasar Rp12.888 Triliun

Jakarta - PT Bursa Efek Indonesia (BEI) menyatakan bahwa data perdagangan saham pada pekan ini,… Read More

7 hours ago

Dharma Polimetal (DRMA) Sukses Bukukan Penjualan Rp4 Triliun di Kuartal III-2024

Jakarta – PT Dharma Polimetal Tbk (DRMA), emiten terkemuka dalam manufaktur komponen otomotif di Indonesia,… Read More

8 hours ago

Tingkatkan Layanan Digital, Bank Banten Hadirkan Fitur Pembayaran QRIS di Jawara Mobile

Tangerang – PT Bank Pembangunan Daerah Banten Tbk terus meningkatkan fitur di aplikasi mobile banking,… Read More

9 hours ago

Perbaiki Tata Kelola, Pembiayaan KB Bukopin Finance Melonjak 193,99 Persen per September 2024

Jakarta – Upaya perbaikan yang dilakukan KB Bukopin Finance (KBBF) selama dua tahun terakhir berbuah… Read More

9 hours ago