News Update

Pameran KKI BI 2020 Realisasikan Bisnis Matching Rp113,2 Miliar

Jakarta – Gubenur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengungkapkan, pameran Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2020 telah merealisasikan bisnis matching hingga Rp113,2 miliar. Dalam bisnis matching tersebut terdapat 16 pembeli dari enam negara yang ikut dalam bisnis matching dan bisnis deal. Enam negara tersebut, yakni Singapore, Italia, Australia, Korea, Jepang dan Cina.

“Dalam KKI 2020, mencatatkan jumlah penjualan Rp10,5 miliar, pencapaian bisnis matching Rp113,2 miliar, serta komitmen pembiayaan Rp4,7 miliar,” kata Perry dalam pembukaan KKI seri ketiga, Jumat, 20 November 2020.

Tak hanya itu, pameran tersebut juga telah menarik pengunjung hingga lebih dari 53 ribu orang. Perry menuturkan tema KKI seri ketiga 2020 ialah UMKM Sahabat Milenial. Hal itu merupakan harapan sekaligus optimisme terhadap kiprah millenialpreneur untuk turut meningkatkan kesejahteraan bangsa dan perekonomian di masa depan.

Selain itu, dalam pagelaran tersebut juga menampilkan peserta usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang telah berpartisipasi sebanyak 379 pelaku UMKM. Peserta tersebut terdiri dari 127 UMKM untuk kain, 75 kerajinan, dan 177 makanan minuman.

“Nilai transaksi dan kesuksesan KKI merupakan dampak nyata dan  menjadi daya pendorong pendorong UMKM untuk terus berkreasi dan maju di tengah pandemi,” ujarnya.

Dalam KKI 2020, kata dia, juga dilakukan rumusan kebijakan, diskusi strategi, hingga langkah taktis untuk semakin meningkatkan kinerja UMKM. Perry menilai KKI telah menjadi forum untuk menyatukan berbagai pemikiran dan inisiatif untuk mendorong UMKM sebagai penguatan baru perekonomian nasional di era digital. (*)

Editor: Rezkiana Np

Suheriadi

Recent Posts

Jumlah SID Naik, BEI Gaspol Tingkatkan Keaktifan Investor di Pasar Modal

Balikpapan – PT Bursa Efek Indonesia (BEI) mencatat, jumlah single investor identification (SID) menembus 14 juta per… Read More

3 hours ago

Generali Indonesia Beri Perlindungan Asuransi bagi 6.000 Pelari di PLN Electric Run 2024

Jakarta – PT Asuransi Jiwa Generali Indonesia (Generali Indonesia) terus mendukung berbagai kegiatan yang mempromosikan kesehatan… Read More

4 hours ago

Diikuti 6.470 Pelari, PLN Electric Run 2024 Ditarget Hindari Emisi Karbon hingga 14 ton CO2

Jakarta - Sebanyak 6.470 racepack telah diambil pelari yang berpartisipasi dalam PLN Electric Run 2024… Read More

11 hours ago

Segini Target OJK Buka Akses Produk dan Layanan Jasa Keuangan di BIK 2024

Jakarta – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) membidik pencapaian Bulan Inklusi Keuangan (BIK) 2024 sekitar 8,7… Read More

12 hours ago

HUT ke-26, Bank Mandiri Hadirkan Inovasi Digital Adaptif dan Solutif untuk Siap Jadi Jawara Masa Depan

Jakarta - Merayakan usia ke-26, Bank Mandiri meluncurkan berbagai fitur dan layanan digital terbaru untuk… Read More

1 day ago

KemenKopUKM Gandeng Surveyor Indonesia Verifikasi Status Usaha Simpan Pinjam Koperasi

Jakarta - Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) menunjuk PT Surveyor Indonesia, anggota Holding BUMN IDSurvey,… Read More

1 day ago