Pahami Empat Poin Ini Ketika Membeli Polis Asuransi

Pahami Empat Poin Ini Ketika Membeli Polis Asuransi

Pahami Empat Poin Ini Ketika Membeli Polis Asuransi
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Jakarta – Setiap calon nasabah asuransi perlu jeli dan hati-hati ketika menentukan produk dan membaca polis yang ada. Terkait hal ini, Aditya Sumirat, Agency Program Head Allianz Life Indonesia menekankan empat poin penting yang harus dipahami oleh setiap calon nasabah ketika hendak menandatangani polis asuransi.

“Saran saya adalah kalau kita terima polis, atau saat pengajuan polis kita diterima, pertama kita lihat dulu data-data di bagian depan, seperti pemegang polis, penerima manfaat, tertanggung, premi, uang pertanggungan berapa. Pastikan semuanya benar dan tidak ada salah angka,” ujar Aditya pada paparan virtualnya, 8 November 2021.

Poin perhatian selanjutnya adalah manfaat-manfaat di polis asuransi. Nasabah perlu memahami jangkauan manfaat yang diberikan oleh produk asuransi yang dipilih sehingga tidak terjadi kesalahpahaman. Poin ini berkaitan dengan poin ketiga, yaitu pengecualian asuransi.

Nasabah juga perlu memahami situasi-situasi tertentu yang dikecualikan oleh asuransi. Dengan demikian, klaim setiap nasabah bisa tetap diterima tanpa masuk dalam ranah pengecualian yang ada.

Terakhir, Aditya mengingatkan soal masa pertanggungan polis asuransi. Ia mengungkapkan nasabah kerap kali merasa aman setelah memiliki asuransi dan lupa akan masa pertanggungannya. Nasabah perlu mengetahui hingga berapa lama polis asuransi tersebut berlaku agar bisa tetap melakukan klaim di jangka waktu yang ditentukan.

Aditya juga menyarankan agar nasabah meminta penjelasan pada agen jika kurang memahami isi dari polis asuransi yang ada. Langkah ini akan meminimalisir kesalahan umum yang biasanya dilakukan oleh nasabah.

“Ketika asuransi mengirimkan polis, ada yang lewat kurir dan agent. Kalau lewat tenaga pemasar, kita bisa minta agentnya untuk jelaskan. Kalau perlu kita buka halaman per halaman,” ucapnya. (*)

 

Editor: Rezkiana Np

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]