Perbankan

Pacu Kredit di Sektor Properti, KB Bukopin dan AREBI Siap Ekspansi Bisnis KPR

Jakarta– Asosiasi Real Estate Broker Indonesia (AREBI) menggandeng PT Bank KB Bukopin Tbk (KB Bukopin) untuk mengembangkan pemasaran dan pembiayaan kredit pemilikan rumah (KPR). Penandatanganan kerja sama tersebut berlangsung di Hotel Raffles, Jakarta, pada Rabu (23/11).

Nantinya, kerja sama antara KB Bukopin dan AREBI ini meliputi pembiayaan terhadap perumahan, pertanahan, komersial area dan seluruh produk properti lainnya. Acara ini bertepatan dengan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) II Tahun 2022 AREBI bertema “Kompeten, Profesional, dan Berintegritas”.

Sekretaris Jenderal Kementerian Perdagangan RI Suhanto menyambut baik kerja sama tersebut. Dia berharap, KB Bukopin beserta bank lainnya dapat membantu AREBI untuk memperluas sektor kredit di bidang properti.

“Kami mengapresiasi AREBI yang selama 30 tahun berkarya. Diharapkan melalui kerja sama yang telah dilakukan, pihak bank dapat membantu AREBI untuk senantiasa mendukung pemerintah dalam upaya pertumbuhan ekonomi nasional melalui pemasaran di bidang properti,” ujarnya dikutip 29 November 2022.

Deputy President Director KB Bukopin Robby Mondong menyampaikan, AREBI memiliki peran strategis dalam membangun industri jasa perantara perdagangan properti yang profesional, eksis, dan tangguh.

AREBI, lanjutnya, menjadi ujung tombak pemasaran properti. Apalagi, sektor properti memiliki multiplier effect bagi industri terkait lain, seperti Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

“Sehingga jika sektor properti bangkit maka akan berdampak signifikan terhadap perekonomian nasional,” tegasnya.

Di tempat yang sama, Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat AREBI Lukas Bong berharap kolaborasi ini dapat menghasilkan pertumbuhan dan pengembangan bisnis properti di tahun depan.

“It’s time to buy property, AREBI optimistis tahun depan kondisi bisnis properti akan semakin membaik. Besar harapan kami, agar kolaborasi yang tengah dilakukan bersama pihak Bank memberikan dampak positif bagi perekonomian nasional melalui pengembangan bisnis properti,” kata Lukas.

Adapun, beberapa poin utama dari nota kesepahaman antara KB Bukopin dan AREBI antara lain, saling mendukung dan bekerja sama di dalam bidang pemasaran properti baik perumahan, pertanahan, komersial area dan seluruh produk properti lainnya yang menguntungkan kedua belah pihak.

Kemudian, saling bertukar informasi data terkait properti yang dibutuhkan oleh masing-masing pihak, dan bekerja sama dalam bidang promosi dan pameran properti.

Sekadar diketahui, AREBI merupakan sebuah wadah perhimpunan, pembinaan, pengembangan profesionalisme usaha dan broker real estate yang bergerak di bidang usaha jasa perantara jual beli sewa properti.

Asosiasi ini juga wahana perjuangan, penyaluran aspirasi dan komunikasi sosial antar sesama anggota dengan instansi lainnya. Saat ini, AREBI memiliki 13 DPD dan 11 DPC yang tersebar di 13 Provinsi di Indonesia. (*)

Rezkiana Nisaputra

Recent Posts

Kadin Bentuk Asosiasi Keamanan Siber ADIKSI, Perkuat Ekosistem Digital di Indonesia

Jakarta - Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) meresmikan Asosiasi Digitalisasi dan Keamanan Siber Indonesia… Read More

10 mins ago

OJK Bergabung dengan Global Asia Insurance Partnership, Perkuat Perasuransian di Asia

Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengumumkan telah bergabung dengan Global Asia Insurance Partnership (GAIP)… Read More

1 hour ago

IHSG Kembali Dibuka Naik 0,44 Persen ke Level 7.769

Jakarta - Pada pembukaan perdagangan pagi ini pukul 9:00 WIB, Jumat, 18 Oktober 2024, Indeks… Read More

1 hour ago

KBank Perkuat Ekspansi Regional, Tegaskan Investasi pada Bank Maspion

Bangkok - Kasikorn Bank (KBank) semakin mengukuhkan posisinya di kawasan ASEAN dan sekitarnya dengan strategi… Read More

3 hours ago

IHSG Berpotensi Melemah Setelah Reli 5 Hari

Jakarta - BNI Sekuritas menyoroti pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) secara teknikal pada hari… Read More

3 hours ago

Solo International Art Camp 2024, Seni yang Menghubungkan Dunia

Solo - Solo International Art Camp (SIAC) 2024 kembali lagi. Event yang digelar pada 17-24… Read More

3 hours ago