Categories: News UpdatePerbankan

Oversubscribed, Right Issue BRI Berjalan Sukses

Jakarta – Aksi korporasi (right issue) PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) tergolong berhasil, seiring tingginya antusias investor di pasar modal.

Direktur Utama BRI, Sunarso bahkan mengungkapkan, right issue dengan jumlah Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu atau HMETD yang telah di-exercise mencapai 28,2 miliar saham dengan nilai transaksi mencapai Rp95,9 triliun, yang terdiri dari Rp54,7 triliun dalam bentuk partisipasi non tunai Pemerintah dan Rp41,2 triliun dalam bentuk cash proceed dari pemegang saham publik. Nilai tersebut mengalami oversubscribed atau kelebihan permintaan.

“Sebanyak 28,2 miliar saham baru yang ditawarkan, telah terserap seluruhnya bahkan terjadi oversubscribe 1,53 persen,” kata Sunarso dalam Seremoni Right Issue BRI secara virtual Rabu, 29 September 2021.

Pencapaian ini menorehkan sejarah, rights issue BRI menjadi yang terbesar di kawasan Asia Tenggara, menduduki peringkat ketiga di Asia, dan peringkat ketujuh di seluruh dunia. Hal ini diharapkan dapat memberikan angin segar bagi transaksi pasar modal di Indonesia.

Sunarso sendiri menjelaskan, BRI sebagai DNA daripada UMKM turut mendorong pertumbuhan ekonomi, dan juga mengemban tugas meningkatkan nilai-nilai sosial. Nilai sosial yang dimaksud, adalah perwujudan dari financial inclusion dengan memastikan kemajuan dan kemudahan UMKM dalam memperoleh pendanaan.

Sunarso menekankan, ada juga aspek lain yang penting yaitu apa yang diperoleh negara dari terbentuknya ekosistem ultra mikro ini. Melalui ekosistem ini akan memudahkan pemerintah dalam memperoleh data yang akurat terkait dengan penyaluran stimulus-stimulus untuk UMKM.

Seperti diketahui, dana dari hasil rights issue tersebut nantinya akan digunakan perseroan mengembangkan ekosistem ultra mikro untuk mengakselerasi ekonomi kerakyatan. Dalam right issue ini, BRI menawarkan sebanyak-banyaknya 28,2 miliar lembar saham baru Seri B atas nama dengan nilai nominal Rp50 per saham atau sebanyak-banyaknya 18,62 persen dari modal ditempatkan dan disetor penuh perseroan. (*)

Dwitya Putra

Recent Posts

HUT ke-26, Bank Mandiri Hadirkan Inovasi Digital Adaptif dan Solutif untuk Siap Jadi Jawara Masa Depan

Jakarta - Merayakan usia ke-26, Bank Mandiri meluncurkan berbagai fitur dan layanan digital terbaru untuk… Read More

13 hours ago

KemenKopUKM Gandeng Surveyor Indonesia Verifikasi Status Usaha Simpan Pinjam Koperasi

Jakarta - Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) menunjuk PT Surveyor Indonesia, anggota Holding BUMN IDSurvey,… Read More

14 hours ago

Bijak Manfaatkan Produk Keuangan, Ini Pesan OJK kepada Gen Z

Balikpapan - Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Jasa Keuangan, Edukasi dan Pelindungan Konsumen OJK Friderica… Read More

14 hours ago

Jurus OJK Perluas Akses Keuangan yang Bertanggung Jawab dan Produktif di Balikpapan

Balikpapan – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) semakin memperluas akses keuangan masyarakat terhadap sektor jasa keuangan yang… Read More

14 hours ago

Rayakan HUT ke-26, Bank Mandiri Luncurkan 5 Fitur dan Layanan Digital Terbaru

Komisaris Bank Mandiri Chatib Basri dan Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi saat meresmikan peluncuran… Read More

15 hours ago

BEI Catat 5 Saham Berikut Jadi Pemberat IHSG Pekan Ini

Jakarta - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) selama sepekan mengalami penurunan sebesar sebesar 2,61 persen… Read More

16 hours ago