News Update

OJK: Perbankan Nasional Masih Menarik Bagi Investor Asing

Jakarta – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memandang, meski ditengah pandemi virus corona (Covid-19), perbankan nasional dianggap masih cukup menarik minat investor untuk menaruh dananya di industri tersebut.

Demikian hal tersebut disampaikan oleh Kepala Departemen Pengawasan Perbankan OJK Defri Andri saat menghadir webinar Infobank bersama The Chief Economist Forum bertema “Kesehatan Bank dan Rumors Negatif ditengah Pandemi” . Ia menyebut investor global masih sangat percaya terhadap kondisi perekonomian nasional.

“Banyak pada 2020 rencana pergantian pengurus bank yang kami boleh lihat antara lain untuk menyesuaikan strategi baru bank dalam ekspansi di bisnis usaha. Itu menandakan kepercayaan investor terhadap perekonomian maupun prospek perbankan,” kata Defri di Jakarta, Kamis 2 Juli 2020.

Lebih lanjut dirinya megatakan, bahwa perbankan nasional masih kuat. Hal tersebut tercermin dari kondisi Capital Adequacy Ratio (CAR) atau rasio kecukupan modal perbankan hingga April 2020 mencapai 22,03%.

Ia juga menambahkan skema Rencana Bisnis Bank (RBB) perbankan nasional yang telah disampaikan ke OJK pada Januari 2020 telah menunjukan optimisme akan pertumbuhan kredit yang signifikan. Namun dengan adanya Pandemi Covid-19 perbankan telah melakukan mitigasi risiko yang amat kuat.

“Kita menandai dengan banyaknya bank lakukan reformasi di kerangka manajemen risiko dan hubungannya dengan rencana bisnis atau ekspansi bisnis mereka,” ucapnya.

Sebagaimana diketahui, isu hangat mulai menghampiri pergantian saham pengendali Bank Bukopin. Dimana OJK telah menerima pernyataan Kookmin Bank, yang saat ini memiliki 22% saham Bank Bukopin telah siap menjadi Pemegang Saham Pengendali Mayoritas dengan mengambil alih kepemilikan sekurang-kurangnya 51% saham Bank Bukopin. Regulator menyatakan Kookmin Bank telah melakukan penempatan dana di escrow account sebesar US$200 juta per tanggal 11 Juni 2020 sesuai komitmen Kookmin Bank. (*)

Editor: Rezkiana Np

Suheriadi

Recent Posts

Perluas Akses Investasi, Kini Growin’ by Mandiri Sekuritas Hadir di Livin’ by Mandiri

Jakarta - Growin’ by Mandiri Sekuritas kini hadir di aplikasi Livin’ by Mandiri sebagai langkah… Read More

24 mins ago

Pergerakan Bitcoin Pekan Ini Bakal Dipengaruhi Sejumlah Sentimen Berikut

Jakarta - Salah satu pasar kripto, Bitcoin telah mengalami rebound dari posisi support USD60.000 pada… Read More

42 mins ago

Tepis Isu Akuisisi, Bank Banten Sebut KUB Kesempatan Mengakselerasi Pertumbuhan Bisnis

Tangerang - Manajemen PT Bank Pembangunan Daerah Banten Tbk (Bank Banten) menepis pemberitaan akan diakuisisi… Read More

47 mins ago

Ramai Bank Melakukan Digitalisasi, OJK Tegaskan Pentingnya Perlindungan Data

Jakarta - Industri perbankan di Indonesia semakin gencar melakukan digitalisasi dalam operasionalnya. Sebagai contoh, banyak… Read More

53 mins ago

Suku Bunga KPR AS Naik, Tertinggi dalam Setahun Terakhir

Jakarta - Suku bunga KPR (kredit pemilikan rumah) di Amerika Serikat (AS) naik menjadi 6,36… Read More

1 hour ago

Rendezvous ke-28 di Bali: Fokus Mitigasi Risiko Asuransi di Tengah Tantangan Global

Bali - Rendezvous Indonesia 2024, salah satu pertemuan terbesar para pemimpin industri asuransi dari berbagai… Read More

2 hours ago