OJK Dukung Program Digital Kredit UMKM (DigiKU)

OJK Dukung Program Digital Kredit UMKM (DigiKU)

Regulator Ini Bilang, Ekonomi Masih Berkontraksi Hingga Semester-I 2020
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Jakarta – OJK menegaskan komitmen dan dukungan terhadap program Digital Kredit UMKM (DigiKU) agar UMKM bisa memanfaatkan teknologi sebagai salah satu alternatif pembiayaan bagi UMKM.

DigiKU sendiri merupakan program penyaluran kredit untuk UMKM yang disediakan oleh Pemerintah melalui Himbara sebagai bagian dari gerakan Bangga Buatan Indonesia yang telah diresmikan Presiden RI.

“Sebelumnya, OJK juga telah berpartisipasi aktif selama persiapan pembentukan DigiKu yang telah diluncurkan pertama kali pada Juli 2020,” jelas Deputi Komisioner Hubungan Masyarakat dan Logistik, Anto Prabowo pada keterangannya, 16 September 2021

Sebagai bagian dukungannya, OJK berencana menyelenggarakan Webinar pada Sabtu (18/9), yang akan melibatkan perbankan, pengusaha UMKM, dan penyedia platform digital. Webinar tersebut diharapkan bisa memunculkan “business matching” yang menghubungkan antara pelaku UMKM dengan penyedia sumber pembiayaan.

Pemerintah memang terus mendorong UMKM untuk masuk ke ekosistem digital, khususnya pada masa pandemi seperti sekarang. Upaya ini bisa dibilang sudah mulai menunjukkan hasil. Jumlah UMKM yang memasuki ekosistem digital pada akhir tahun 2020 sudah mencapai 3,8 juta. Angka ini terus tumbuh hingga tercatat sebanyak 4,8 juta pelaku umkm pada Maret 2021. (*)

 

Editor: Rezkiana Np

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita Pilihan

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]