Keuangan

OJK Dorong Literasi Keuangan Perempuan untuk Kesejahteraan Keluarga Indonesia

Yogyakarta – Literasi keuangan adalah keterampilan yang sangat penting bagi semua orang, terutama bagi perempuan. Berdasarkan data dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), perempuan adalah kelompok korban terbesar penipuan pinjaman online ilegal di Indonesia.

Namun, literasi keuangan tidak hanya penting untuk mencegah penipuan, tetapi juga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Perempuan yang memiliki inklusi keuangan dinilai akan lebih memanfaatkan sumber daya keuangan mereka untuk kepentingan keluarga dan anak-anak yang pada akhirnya membawa kesejahteraan bagi masyarakat.

Anggota Dewan Komisioner OJK yang membidangi Edukasi dan Perlindungan Konsumen OJK, Friderica Widyasari Dewi mengatakan, pihaknya telah mengembangkan banyak program khusus untuk meningkatkan literasi keuangan khususnya bagi perempuan. Program-program ini mencakup berbagai tahapan, dimulai dari memberikan literasi, kemudian inklusi, dan akhirnya bagaimana mereka bisa menggunakannya untuk usaha dan meningkatkan kesejahteraannya.

“Itu adalah stage atau tahap-tahap yang kita ingin dorong perempuan Indonesia untuk ke sana. Untuk itu, Kami punya program yang sangat mengedepankan perempuan,” ungkapnya dalam paparannya di seminar yang bertajuk “Accelerating Financial Inclusion Through Women Empowerment,” yang diselenggarakan Infobank di Hotel Royal Ambarrukmo, Yogyakarta, Jumat 12 Mei 2023.

Salah satu program yang OJK miliki adalah melalui akses tim percepatan daerah yang di dalamnya terdapat program untuk perempuan yang menjadi pelaku UMKM. Melalui program ini, OJK mendorong perempuan untuk menggunakan kredit atau pembiayaan yang legal dan menghindari rentenir yang bisa merugikan mereka. Program-program ini sangat penting dalam meningkatkan literasi keuangan perempuan dan membantu mereka mencapai kesejahteraan finansial.

“Melalui tim akses percepatan daerah ini kita mendorong program kredit pembiayaan melawan rentenir,” ungkapnya.

Perempuan yang akrab disapa Kiky ini juga mengungkapkan, pada tahun 2022, OJK merilis hasil survei bahwa tingkat literasi keuangan perempuan di Indonesia mengalahkan laki-laki. Ini menunjukkan bahwa program-program yang telah dilakukan oleh OJK untuk meningkatkan literasi keuangan perempuan telah berhasil. Dan semakin banyak perempuan yang mengerti tentang keuangan dan mampu memanfaatkan sumber daya keuangannya dengan bijak.

Oleh karena itu, OJK akan terus mendukung program-program dalam meningkatkan kesadaran tentang pentingnya literasi keuangan bagi perempuan di Indonesia. “Saya sangat terharu bahwa dengan akses inklusi keuangan itu bisa merubah hidup keluarga di Indonesia,” pungkasnya.(*) Dicky F.

Rezkiana Nisaputra

Recent Posts

Ini Cara OJK Dukung UMKM Manfaatkan Pendanaan dari Pasar Modal

Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat penghimpunan dana oleh Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah… Read More

3 hours ago

Jokowi Terima Brevet Hiu Kencana di Atas KRI RJW–992, Apa Itu?

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima penyematan Brevet Kehormatan Hiu Kencana dalam upacara yang… Read More

6 hours ago

Setkab dan Kemensetneg Umumkan Hasil Verifikasi Sanggahan Pelamar CPNS 2024

Jakarta - Panitia Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Sekretariat Kabinet (Setkab) dan Kementerian Sekretariat… Read More

6 hours ago

Ubah Lahan Kritis Jadi Produktif, PLN Kembangkan Ekosistem Biomassa Berbasis Pertanian Terpadu

Jakarta - Upaya pengembangan ekosistem biomassa berbasis pertanian terpadu yang diinisiasi oleh PT PLN (Persero)… Read More

6 hours ago

Bank Mandiri Kembali Meluncurkan Mandiri MyPertamina Card untuk Manjakan Pencinta Otomotif

Jakarta – Bank Mandiri terus konsisten mendorong inovasi yang Adaptif dan Solutif melalui perluasan ekosistem,… Read More

7 hours ago

Bibit dan Jago Ajak Curhat Keuangan untuk Tingkatkan Kesadaran Berinvestasi

Jakarta - PT Bank Jago Tbk dan PT Bibit Tumbuh Bersama (Bibit) mengadakan acara talk… Read More

20 hours ago