OJK Catat Kredit BPR MasihTumbuh 10,7% di Tengah Pandemi

OJK Catat Kredit BPR MasihTumbuh 10,7% di Tengah Pandemi

Kinerja Cemerlang, BPR Lestari Raih Tiga Penghargaan di Digital Brand Award
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Jakarta – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat, hingga Kuartal-I 2021 penyaluran kredit Bank Perkreditan Rakyat (BPR) dan BPRS masih tumbuh positif 10,7% (YoY) atau mencapai Rp112,36 triliun ditengah pandemi. Sedangkan untuk Dana Pihak Ketiga (DPK) BPR telah mencapai Rp107,98 triliun atau tumbuh 3,4%.

“Kami melihat bahwa BPR telah memberikan kontribusi yang cukup signifikan terhadap kredit terutama UMKM,” kata Direktur Penelitian dan Pengaturan BPR OJK Ayahandayani melalui Webinar TOP 100 BPR “Mendukung Ekosistem UMKM Go Digital dan Digitalisasi BPR : Potensi Bisnis Kolaborasi BPR & Fintech”, Jumat 18 Juni 2021.

Handayani juga menyatakan, kondisi bisnis BPR masih sangat kuat hal tersebut tercermin dari Capital Adequacy Ratio (CAR) BPR yang mencapai 34,02% atau masih meningkat 248 bps dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Handayani mengungkapkan, hingga Maret 2021 jumlah BPR di Indonesia telah mencapai 1.498 bank dimana sekitar 68,5% berada di wilayah Jawa dan Bali. Sementara itu untuk total aset BPR secara nasional tercatat masih tumbuh 10,2% (YoY) atau mencapai Rp156,9 triliun. (*)

Editor: Rezkiana Np

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita Pilihan

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]