Keuangan

OJK Catat 57 Juta Pelajar Sudah Punya Rekening Tabungan, Nilainya Tembus Rp32,84 Triliun

Serang – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyampaikan bahwa, program satu rekening satu pelajar (kejar) dengan produknya yang bernama Simpanan Pelajar (SimPel) telah mencapai sekitar 80 persen dari total pelajar Indonesia.

Hal itu diungkapkan oleh Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Usaha Jasa Keuangan, Edukasi, dan Perlindungan Konsumen OJK, Friderica Widyasari Dewi, usai Kegiatan Edukasi Keuangan di Serang, Banten, 26 Juli 2024.

“Kita punya (program) satu rekening satu pelajar (kejar), saat ini angkanya sudah 80 persen dari total pelajar Indonesia sekitar 57,05 juta pelajar. Ini angkanya sekitar Rp32,84 triliun, nah ini untuk anak SD-SMA,” ucap Kiki sapaan akrab Friderica Widyasari Dewi.

Baca juga: Gelar Edukasi Keuangan, OJK Tekankan Pentingnya Menabung ke Pelajar di Banten

Selain SimPel, OJK juga memilik produk SiMuda atau Simpanan Mahasiswa dan Pemuda yang jumlahnya saat ini telah mencapai Rp4,99 triliun, dengan 1,34 juta rekening hingga triwulan IV-2023.

Lalu, OJK juga memiliki program keuangan untuk para difabel, yakni tuntas atau satu rekening satu disabilitas.

“Kita dorong untuk membukakan rekening juga buat rekan-rekan kita, saudara-saudara kita, anak-anak kita yang difabel,” imbuhnya.

Kiki menyampaikan bahwa, OJK akan mengadakan program nasional gencar, yaitu gerakan nasional cerdas keuangan yang menargetkan peningkatan tentang literasi dan edukasi akan naik sebesar 3 persen setiap tahunnya.

Baca juga: Begini Jurus OJK Optimalkan ITSK untuk Ekonomi Keuangan Digital di RI

“Kan dari bapak ibu DPR, Komisi XI, sudah membantu dengan undang-undang PPSK ya, di mana seluruh pelaku usaha jasa keuangan diwajibkan untuk melakukan edukasi literasi, dan ini menjadi program antara OJK, Bank Indonesia, Kementerian Keuangan, dan lain-lain untuk sama-sama menggerakkan literasi dan inklusi di Indonesia,” ujar Kiki. (*)

Editor: Galih Pratama

Khoirifa Argisa Putri

Recent Posts

Bikin Ngiler! Segini Uang Pensiun Jokowi Usai Lengser dari Jabatan Presiden

Jakarta - Pada 20 Oktober 2024, Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan lengser dari jabatannya sebagai… Read More

2 hours ago

Pemimpin Hamas Yahya Sinwar Tewas dalam Serangan Israel

Jakarta – Pemimpin Hamas Yahya Sinwar dikabarkan tewas dalam serangan yang dilancarkan militer Israel di… Read More

2 hours ago

Bos BEI Harap Ada BUMN IPO di Pemerintahan Prabowo-Gibran

Jakarta - PT Bursa Efek Indonesia (BEI) mengungkapkan harapannya kepada pemerintah kabinet Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming… Read More

3 hours ago

Kadin Bentuk Asosiasi Keamanan Siber ADIKSI, Perkuat Ekosistem Digital di Indonesia

Jakarta - Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) meresmikan Asosiasi Digitalisasi dan Keamanan Siber Indonesia… Read More

3 hours ago

Bank Mega Syariah Umumkan Pemenang Program Berkah Berlimpah Mega Syariah Tahap Tiga

Jakarta – Bank Mega Syariah mengumumkan sebanyak 71 nasabah beruntung terpilih sebagai pemenang program Berkah Berlimpah Mega… Read More

3 hours ago

OJK Bergabung dengan Global Asia Insurance Partnership, Perkuat Perasuransian di Asia

Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengumumkan telah bergabung dengan Global Asia Insurance Partnership (GAIP)… Read More

4 hours ago