Perbankan dan Keuangan

OJK Bersama 7 Bank Teken Kerja Sama dalam Komitmen Capai NZE 2060

Jakarta – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) melakukan penandatanganan komitmen bersama 7 bank di Tanah Air dalam inisiatif ESG untuk mendukung pencapaian target Net Zero Emission (NZE) Indonesia.

Adapun ke 7 bank tersebut, yakni PT Bank Mandiri Tbk., PT Bank Rakyat Indonesia Tbk. (BRI), PT Bank Tabungan Negara Tbk. (BNI), PT Bank Central Asia Tbk. (BCA), PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BSI), PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk. (BJB), dan PT Bank CIMB Niaga.

Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK, Dian Ediana Rae mengatakan kerja sama ini merupakan momentum yang baik untuk mewujudkan komitmen OJK dan sektor perbankan dalam mendukung pencapaian target NZE pemerintah.

Baca juga: OJK Luncurkan Panduan Pengelolaan Risiko Perubahan Iklim bagi Perbankan

“Ini menjadi tugas bersama bagi semua stakeholders, termasuk sektor perbankan yang memiliki peran besar dalam menggerakkan pembiayaan ke arah rendah karbon sesuai dengan arah kebijakan pemerintah,” ujar Dian dalam Launching Panduan Climate Risk Management and Scenario Analysis (CRMS), Senin, 4 Maret 2024.

Dalam kesempatan yang sama, Presiden Direktur BCA, Jahja Setiaatmadja mengatakan pihaknya sangat mengapresiasi adanya komitmen ini untuk mencapai NZE yang ditargetkan oleh pemerintah.

“Bagus dong, ini jadi effort kita untuk generasi muda ke depan nanti, usahakan dari sekarang,” ujar Jahja.

Lebih lanjut, kata Jahja, BCA akan memulai inisiatif selangkah demi selangkah dalam mewujudkan NZE sampai dengan tahun 2060. Ini tercermin dari portofolio green financing BCA yang sudah mencapai 25 persen.

“Ya kan step by step sampai tahun 2060, pokoknya kita memulai kan, tadi inisiatif awal lah kita harus sudah mulai. Saya kira portofolio kita seperti green financing juga sudah mencapai 25 persenan, jadi gradually kita akan terus tingkatkan untuk itu,” ungkapnya.

Sementara itu, Wakil Direktur Bank Mandiri, Alexandra Askandar menyatakan pihaknya juga telah siap dalam memenuhi target NZE pemerintah.

Baca juga: Dirut Pertamina Beberkan Tiga Jurus Capai Net Zero Emission 

“Kalau saat ini memang Mandiri juga komitmen karena kita sudah punya target untuk mencapai NZE dalam kegiatan operasi di tahun 2030 atau lebih cepat dan untuk pembiayaan di tahun 2060,” bebernya.

Untuk itu, dengan adanya penandatanganan ini tentunya akan mendorong perbankan untuk bersinergi bersama pemerintah dalam mencapai hal tersebut.

“Jadi dengan adanya kebijakan seperti ini tentunya akan mendorong perbankan untuk sama-sama kita bergerak kearah tujuan pemerintah mencapai NZE 2060,” imbuhnya. (*)

Editor: Galih Pratama

Irawati

Recent Posts

Jurus OJK Perluas Akses Keuangan yang Bertanggung Jawab dan Produktif di Balikpapan

Balikpapan – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) semakin memperluas akses keuangan masyarakat terhadap sektor jasa keuangan yang… Read More

20 mins ago

Rayakan HUT ke-26, Bank Mandiri Luncurkan 5 Fitur dan Layanan Digital Terbaru

Komisaris Bank Mandiri Chatib Basri dan Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi saat meresmikan peluncuran… Read More

58 mins ago

BEI Catat 5 Saham Berikut Jadi Pemberat IHSG Pekan Ini

Jakarta - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) selama sepekan mengalami penurunan sebesar sebesar 2,61 persen… Read More

2 hours ago

Bos OJK: Konsep IKN Financial Center Berbeda dengan Aktivitas Keuangan Lain

Balikpapan - Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Mahendra Siregar membeberkan konsep pembangunan IKN Financial Center (pusat keuangan)… Read More

4 hours ago

Ikonik! Bank Mandiri Groundbreaking Gedung Mandiri Financial Center di Kawasan PIK 2

Banten - Bank Mandiri kembali menunjukkan komitmennya dalam mendukung pertumbuhan ekonomi nasional dengan melangsungkan groundbreaking… Read More

5 hours ago

Apa Kabar Anti Scam Center? Ini Jawaban OJK

Balikpapan – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengungkap alasan ‘molornya’ peluncuran Anti Scam Center (ASC) sebagai… Read More

6 hours ago