Perbankan

OIKN Ungkap Bank Himbara dan Swasta Segera Groundbreaking di IKN

Jakarta – Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) menyebutkan akan melakukan groundbreaking tahap kelima. Sektor perbankan, yang terdiri dari bank Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) dan swasta bakal diutamakan dalam proses groundbreaking tersebut.

Deputi Bidang Pendanaan dan Investasi OIKN, Agung Wicaksono, menuturkan groundbreaking kelima untuk sektor perbankan tersebut setelah masuknya Bank Indonesia (BI), Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), serta Otoritas Jasa Keuangan (OJK) ke IKN.

“Sektor yang kita fokuskan yang utamakan adalah perbankan, sektor perbankan, karena apa? BI kan sudah masuk, LPS juga sudah masuk, sekarang kita menuju prosesnya adalah OJK,” ucap Agung saat ditemui media dikutip, 20 Februari 2024.

Baca juga: Groundbreaking IKN Tahap 3 Dijadwalkan Pekan Depan, Segini Nilai Investasinya

Agung juga menyebutkan bahwa, sektor perbankan yang bakal masuk ke IKN tersebut diperkirakan mencakup lima proyek, yang terdiri dari bank Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) dan juga swasta.

“(Himbara masuk?) iya salah satunya disitu nanti, selain himbara, swasta ada? Ada, (lima proyek),” imbuhnya.

Di dalam IKN, pemerintah memang akan membangun financial center yang cukup besar. Namun, untuk mengawali hal tersebut diperlukan mini financial center yang dibangun dari sektor perbankan yang bakal melakukan groundbreaking kelima nanti.

Baca juga: Begini Cara DBS Indonesia Dukung Pembangunan Berkelanjutan IKN

Selain sektor perbankan, Agung menjelaskan bahwa, dalam groundbreaking kelima nanti, yang bakal dilakukan adalah Hotel Jambuluwuk, serta  melakukan pembangunan sarana logistik untuk melayani kebutuhan di dalam IKN.

“Kemudian selain hotel tadi juga ada yang membangun sarana logistik di IKN, lebih kepada sarana logistik untuk melayani kebutuhan pembangunan di dalam IKN, saat ini seperti itu tapi tentu e-commerce menjadi bagian dan itu akan kita eksplor,” ujar Agung. (*)

Editor: Galih Pratama

Khoirifa Argisa Putri

Recent Posts

CCP Tonggak Baru Peran KPEI di Pasar Uang dan Valuta Asing

Jakarta - PT Kliring Penjaminan Efek Indonesia (KPEI) secara resmi mulai mengoperasikan Central Counterparty Pasar… Read More

5 hours ago

Masuk Bursa Kabinet Prabowo-Gibran, Airlangga dan Azwar Anas Bilang Begini

Jakarta – Dua menteri kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi) menanggapi isu masuknya mereka ke dalam bursa kabinet… Read More

6 hours ago

BEI Optimistis Short Selling Dorong Peningkatan Likuiditas

Jakarta - Setelah meluncurkan layanan transaksi short selling pada hari ini (3/10), PT Bursa Efek… Read More

6 hours ago

Payroll BSI Masuk dalam Tiga Besar Bank yang Diminati ASN

Jakarta - PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) secara konsisten memperkuat dana murah melalui payroll.… Read More

7 hours ago

Pengguna GoPay Tembus 30 Juta Setahun setelah Diluncurkan

Jakarta - GoPay unit bisnis Financial Technology dari PT Goto Gojek Tokopedia (GOTO) mencatat kenaikan… Read More

8 hours ago

Industri Pengemasan Makanan Menggeliat, ALL Pack-ALL Print Indonesia Lakukan Ini

Jakarta – Industri pengemasan makanan atau Food Packaging Industry tengah menggeliat. Laju perkembangan industri ini ditaksir mencapai 6… Read More

8 hours ago