Perbankan

OCBC NISP Catatkan Kenaikan Laba 65,8% di Kuartal I-2023

Jakarta – Bank OCBC NISP terus melanjutkan kinerja yang solid di tiga bulan pertama tahun 2023 dengan implementasi strategi bisnis yang konsisten dan berkelanjutan, diiringi optimalisasi digital perusahaan. Hal tersebut tercermin dari laba bersih yang mencatatkan pertumbuhan 65,8% yoy pada kuartal I-2023 menjadi sebesar Rp1 triliun, dibandingkan dengan periode yang sama pada 2022 sebesar Rp621 miliar.

Pada periode yang sama, Bank OCBC NISP juga membukukan peningkatan total kredit sebesar 11,6% yoy menjadi Rp137,6 triliun. Penyaluran kredit Bank OCBC NISP senantiasa diiringi kualitas yang terjaga, di mana tingkat NPL Gross (Kredit Bermasalah Bruto) berada di level 2,4%.

Selain itu, tumbuhnya laba Bank OCBC NISP juga didorong antara lain oleh kenaikan pendapatan bunga bersih sebesar 25,3% yoy dan penurunan pada beban cadangan kerugian sebesar 51,3% yoy. 

Baca juga: Didorong Kredit dan Pembiayaan Syariah, Bank Jago Raih Laba Rp22 M

Parwati Surjaudaja, Presiden Direktur Bank OCBC NISP mengatakan, di situasi perekonomian yang semakin membaik, pihaknya konsisten menjaga pertumbuhan berkelanjutan dan melangkah secara pruden ke depannya. 

“Tahun ini kami optimis kondisi akan lebih kondusif sehingga ekonomi Indonesia akan bertumbuh. Selanjutnya, kami akan fokus untuk terus mengembangkan layanan keuangan yang inklusif,” ujar Parwati dalam keterangan resmi, Jumat, 28 April 2023.

Namun demikian, Parwati juga menambahkan bahwa Bank OCBC NISP masih terus cermat dalam melihat perubahan yang terjadi, termasuk memperhatikan kondisi perekonomian nasional dan global, tren suku bunga acuan serta inflasi yang terjadi secara reguler.

Selain itu, perseroan terus mengakselerasi dan mentransformasi kemampuan dan kapabilitas perbankan, termasuk dalam hal digitalisasi untuk menghadirkan inovasi dan inisiatif yang relevan dengan kebutuhan nasabah individu melalui ONe Mobile. Tercermin dari meningkatya aktivitas digital nasabah individu melalui aplikasi mobile banking tersebut sebesar 54% yoy.

“Pada segmen bisnis korporasi, Bank OCBC NISP mencatatkan kenaikan pengguna Velocity, aplikasi yang memberikan kemudahan transaksi bisnis sebesar 17% yoy,” katanya.

Baca juga: Kuartal I-2023, BTPN Syariah Bukukan Laba Bersih Rp425 Miliar

Lebih lanjut, Bank OCBC NISP secara konsisten menjalankan bisnis yang berkelanjutan. Bank terus menyalurkan pembiayaan berkelanjutan berupa kredit berwawasan lingkungan dan berbasis gender. Per 31 Maret 2023, Bank OCBC NISP terus menyalurkan kredit melalui program #TAYTB Women Warriors, meningkat 9,6% yoy. Sementara jumlah wirausaha perempuan meningkat sebesar 12,5% yoy. (*)

Editor: Galih Pratama

Irawati

Recent Posts

BEI Catat Ada 32 Perusahaan Antre IPO, 12 Beraset Jumbo

Jakarta – PT Bursa Efek Indonesia (BEI) mencatat per 27 September 2024, terdapat 32 perusahaan… Read More

12 mins ago

Seleksi PPPK 2024 Dibuka Hari Ini, Cek Tata Cara Pendaftaran, Syarat Registrasi dan Jadwal Seleksi

Jakarta - Pendaftaran pegawai pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) 2024 resmi dibuka hari ini, Selasa,… Read More

35 mins ago

Naik 0,71 Persen, IHSG Sesi I Ditutup Bertahan di Zona Hijau

Jakarta - Indeks harga saham gabungan (IHSG) pada perdagangan sesi I hari ini (1/10) kembali… Read More

59 mins ago

Per Agustus 2024, LPS Jamin 592,42 Juta Rekening Nasabah Bank Umum

Jakarta - Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) melaporkan hingga Agustus 2024, pihaknya telah menjamin sebanyak 99,27… Read More

2 hours ago

Dua Maskapai Internasional Buka Rute Baru ke RI: Salah Satunya akan Ramai Mendarat di Kertajati

Jakarta - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) mengapresiasi sejumlah maskapai… Read More

3 hours ago

Ternyata Segini Gaji dan Tunjangan Anggota DPR yang Dilantik Hari Ini

Jakarta – Sebanyak 580 anggota DPR RI periode 2024-2029 resmi dilantik di Gedung DPR, Jakarta, Selasa, 1 Oktober… Read More

3 hours ago