Categories: Perbankan

OCBC NISP Syariah Beberkan Tantangan Bila jadi Spin Off

Jakarta – Memisahkan diri atau spin off dari perusahaan induk memang tidak mudah. Hal ini disadari betul oleh OCBC NISP unit usaha syariah (UUS). Lalu, apa yang menjadi tantangannya?

Menurut Kepala Unit Usaha Syariah (UUS) OCBC NISP Syariah Mahendra Koesumawardhana, ada sejumlah tantangan yang memang harus dihadapi bila OCBC NISP Syariah melakukan spin off.

“Yang menjadi tantangan yang pasti soal Sumber Daya Insani (SDI). SDI di keuangan syariah ini masih sangat terbatas,” ungkap Mahendra di Jakarta, Rabu, 10 Mei 2023.

Selain terbatas, lanjut Mahendra, kompetensi dan kualitas SDI juga perlu mendapatkan penyegaran. “Memang masih banyak yang perlu di-upgrade,” jelasnya.

Tantangan selanjutnya adalah soal dukungan pemerintah. Mahendra menilai, bahwa industri keuangan syariah membutuhkan dukungan dan keberpihakan dari pemerintah.

“Kami memerlukan support pemerintah untuk melindungi ‘baby’ (UUS), karena kita berbicara fakta di mana industri keuangan menjadi sebuah industri yang sistemik kalau ada apa-apa bahaya,” ungkapnya.

Diakui Mahendra, untuk menuju spin off memang membutuhkan persiapan yang matang. Mulai dari infrastruktur, SDM, hingga permodalan. Untungnya, aspek tersebut telah dimiliki oleh bank induk OCBC NISP, sehingga investasi yang dikeluarkan pun tak besar.

“Alhamdulillah-nya POJK Nomor 28/POJK 03/2019 membolehkan untuk bersinergi. Dengan konsep itu, kita akan lebih efisien. Memanfaatkan infrastuktur bank induk, investasinya tidak besar,” tutup Mahendra.(*)

Galih Pratama

Recent Posts

OJK Ungkap Alasan Pertumbuhan DPK Lebih Rendah Dibanding Kredit

Jakarta – Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK, Dian Ediana Rae mengungkapkan penyebab pertumbuhan Dana Pihak Ketiga (DPK)… Read More

1 hour ago

IHSG Ditutup Melesat 1,52 Persen, Nilai Transaksi Tembus Rp41,67 Triliun

Jakarta - Indeks harga saham gabungan (IHSG) pada hari ini (1/10) berhasil ditutup naik ke… Read More

1 hour ago

Masih Ada 9 Perusahaan Asuransi Belum Miliki Aktuaris

Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengungkapkan masih terdapat 9 perusahaan asuransi yang belum memenuhi… Read More

2 hours ago

RI Alami Deflasi 5 Bulan Beruntun, BPS Ungkap Biang Keroknya

Jakarta – Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan indeks harga konsumen (IHK) mengalami deflasi sebesar 0,12 persen… Read More

2 hours ago

Anak Usaha Delta Dunia Makmur (DOID) Berhasil Raih Dana Rp1 Triliun dari Penerbitan Obligasi

Jakarta - Anak usaha PT Delta Dunia Makmur Tbk (DOID), yakni PT Bukit Makmur Mandiri… Read More

2 hours ago

OJK Catat Piutang Pembiayaan Multifinance Capai Rp499,29 Triliun di Agustus 2024

Jakarta – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengungkapkan perkembangan di sektor Lembaga Pembiayaan, Perusahaan Modal Ventura,… Read More

2 hours ago