Perbankan

OCBC Indonesia Caplok Bank Commonwealth, Rampung Tahun Ini?

Jakarta – Setelah mendapatkan ‘restu’ dari Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST), OCBC Indonesia akan segera merampungkan proses akuisisi PT Bank Commonwealth (PTBC).

“Rapat (RUPST) menyetujui pengambilan saham PT Bank Commonwealth oleh perseroan dan dilaksanakan dengan ketentuan yang berlaku,” ujar Presiden Direktur PT OCBC NISP Tbk (OCBC) Parwati Surjaudaja dalam Paparan Publik Tahunan di OCBC Tower, Jakarta, Senin, 18 Maret 2024.

Lebih jauh dia menjelaskan, OCBC Indonesia menargetkan proses akuisisi PT Bank Commonwealth dapat rampung di kuartal II 2024.

“Kami harapkan proses akuisisi ini (Bank Commonwealth) bisa selesai di kuartal II tahun ini. Yang mana akan dilanjutkan dengan proses penggabungan, yang kami harapkan selesai di paruh kedua tahun ini,” jelasnya.

Baca juga: RUPST OCBC Indonesia Sepakat Tebar Dividen Rp1,65 Triliun, 40 Persen dari Laba 2023

Diakuinya, proses akuisisi masih dalam tahap awal. Oleh karenanya, pihaknya belum bisa membagikan secara detail terkait dengan rencana bisnis bank (RBB).

“Untuk RBB masih terlalu dini ya, karena akuisisinya pun masih di tahap awal, jadi kami belum bisa mengatakan detail saat ini,” ungkapnya.

Meski begitu, penggabungan kedua bank akan meningkatkan skala bisnis OCBC Indonesia. Penggabungan ini juga merupakan upaya kesinambungan OCBC Indonesia dalam jangka panjang.

“Kami berharap sinergi di bidang retail dan UKM-nya, itu menjadi hal yang kami cermati ke depannya. Selain tentunya juga sinergi dari berbagai kapabilitas yang bisa dilakukan di antara dua institusi,” kata Parwati.

Seperti diketahui, pada 16 November 2023, OCBC Indonesia telah melakukan penandatanganan Sale and Purchase Agreement (SPA) dengan Commonwealth Bank of Australia (CBA) untuk membeli 99 persen saham di PTBC dari CBA.

Adapun estimasi nilai rencana transaksi akuisisi PTBC oleh OCBC Indonesia adalah Rp2,2 triliun. OCBC Indonesia juga bermaksud untuk mengakuisisi sisa 1 persen saham PTBC dari pemegang saham lainnya.

Dilihat dari sisi kinerja, OCBC Indonesia telah mencatatkan kinerja positif selama 2023. Perseroan berhasil membukukan laba bersih Rp4,1 triliun. Laba ini tumbuh 23 persen secara tahunan dibandingkan perolehan tahun 2022 yang sebesar Rp3,3 triliun.

Baca juga: XL Axiata dan OCBC Rilis Layanan Finansister, Simak Manfaatnya!

Pencapaian laba ini ditopang oleh kinerja intermediasi OCBC Indonesia. Per Desember 2023, perseroan berhasil menyalurkan kredit Rp154 triliun atau tumbuh sebesar 12 persen ketimbang tahun 2022 yang sebesar Rp138 triliun.

Adapun Dana Pihak Ketiga (DPK) juga ikut terkerek naik. OCBC Indonesia berhasil mengumpulkan DPK tahun 2023 sebesar Rp182 triliun, atau naik 3 persen dibanding tahun 2022 sebesar Rp176 triliun.

Sedangkan aset OCBC Indonesia sepanjang 2023 juga tumbuh 5 persen menjadi Rp250 triliun dari sebelumnya tahun 2022 sebesar Rp239 triliun. (*)

Muhamad Ibrahim

Recent Posts

Diikuti 6.470 Pelari, PLN Electric Run 2024 Ditarget Hindari Emisi Karbon hingga 14 ton CO2

Jakarta - Sebanyak 6.470 racepack telah diambil pelari yang berpartisipasi dalam PLN Electric Run 2024… Read More

6 hours ago

Segini Target OJK Buka Akses Produk dan Layanan Jasa Keuangan di BIK 2024

Jakarta – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) membidik pencapaian Bulan Inklusi Keuangan (BIK) 2024 sekitar 8,7… Read More

7 hours ago

HUT ke-26, Bank Mandiri Hadirkan Inovasi Digital Adaptif dan Solutif untuk Siap Jadi Jawara Masa Depan

Jakarta - Merayakan usia ke-26, Bank Mandiri meluncurkan berbagai fitur dan layanan digital terbaru untuk… Read More

20 hours ago

KemenKopUKM Gandeng Surveyor Indonesia Verifikasi Status Usaha Simpan Pinjam Koperasi

Jakarta - Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) menunjuk PT Surveyor Indonesia, anggota Holding BUMN IDSurvey,… Read More

21 hours ago

Bijak Manfaatkan Produk Keuangan, Ini Pesan OJK kepada Gen Z

Balikpapan - Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Jasa Keuangan, Edukasi dan Pelindungan Konsumen OJK Friderica… Read More

21 hours ago

Jurus OJK Perluas Akses Keuangan yang Bertanggung Jawab dan Produktif di Balikpapan

Balikpapan – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) semakin memperluas akses keuangan masyarakat terhadap sektor jasa keuangan yang… Read More

21 hours ago